Cara atau Tips Perawatan Perkutut Lokal Dan Bangkok

 

Burung perkutut jantan biasanya lebih rajin berbunyi Mandikan burung secara rutin dengan cara disemprot menggunakan sprayer dengan setelan yang paling halus. Untuk menghilangkan kutu dan mengkilapkan warna bulu burung perkutut, campurkan shampoo merk JATI JAJAR yang mengandung desinfektan dan juga Aloevera.

Selanjutnya jemurlah burung perkutut pada pagi hari mulai pukul 7–10.Beres penjemuran, berikan Ebod Vit untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya.

Pemberian multivitamin yang mampu merangsang pembentukan hormon testosteron, seperti EBOD-JOSS, juga bisa membuat perkutut gacor, daya tahan prima, dan mental tidak mudah anjlok.Berikan jenis pakan utama perkutut berupa campuran pakan bijian yang terdiri dari milet, jawawut, biji godem.

Selain itu juga bisa diberikan beras merah, beras ketan hitam, butiran jagung yang sudah ditumbuk kecil-kecil.

Atau kita bisa memberikan pakan campur dalam kemasan produksi pabrik dengan kandungan protein tinggi.Burung perkutut juga bisa diberi jamu khusus buatan pabrik, selain itu bisa juga diberi Extra fooding berupa kroto, ulat hongkong, dan lain-lain sebagai sumber protein hewani. Diberikan seminggu sekali dengan cara di lolohkan ke mulutnya, dengan jumlah 3 ekor ulat hongkong yang berwarna putih (Yang baru beres molting), sedangkan untuk kroto cukup setengah sendok makan.

Baca:  Walikota Surabaya di Demo Warganya, Terkait pembongkaran Masjid dan Cagar Budaya

Kita juga bisa memberikan daun saga yang berkhasiat menjernihkan suara, diberikan seminggu sekali dengan cara pemberian : Daun saga dipulir-pulir hingga menjadi butiran-butiran kecil sebesar kacang hijau dan keluar airnya, kemudian air perasan dan butiran tersebut (5-7 butiran untuk sekali pemberian) dicekokkan pada burung.

Pemberian EF hendaklah kita atur agar tidak bersamaan waktunya dengan pemberian EF lainnya. Selain itu, pemberian grit harus selalu diberikan tiap hari yang berguna untuk membantu proses pencernaan burung juga berfungsi untuk pertumbuhan bulu dan tulang juga sebagai penambah darah.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga, buatlah suasana sekitar yang ramah terhadap burung perkutut. Karena kenyamanan burung akan berpengaruh pada fisik dan psikis burung yang juga mempengaruhi seni dan kualitas suara perkutut.

Demikian ulasan tentang “Mengenal Dan Merawat Burung Perkutut Agar Gacor dan Rajin Manggung“ Semoga bisa bermanfaat

Bagikan berita ini

Hak Jawab / Hak Koreksi:
Via Email:
Redaksi@LiputanIndonesia.co.id
Newsliputanindonesia@gmail.com
Baca Lainnya