Cagub Sulut Olly: Nusa Utara akan Dipacu Kesejahteraan Keamanan serta Pembangunan | Liputan Indonesia
, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Cagub Sulut Olly: Nusa Utara akan Dipacu Kesejahteraan Keamanan serta Pembangunan

Advertisement , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru
Manado, Beritaonline.co.id — Kawasan perbatasan Nusa Utara yang meliputi Kabupaten Kepulauan Talaud, Sangihe, dan Sitaro akan terus dipacu pembangunannya dengan dua pendekatan yang bersinergi yakni pembangunan kesejahteraan dan keamanan.
“Sebagai daerah kepulauan yang berbatasan dengan negara tetangga di perbatasan, Nusa Utara harus terus dipacu dari dua pendekatan keamanan dan kesejahteraan,” kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Olly Dondokambey dalam wawancara dengan wartawan, Jumat (16/10), di Jakarta.
Menurutnya, pembangunan kesejahteraan dalam kerangka keamanan wilayah kedaulatan negara, sebaliknya pembangunan keamanan juga dalam kerangka mensejahterakan rakyat.
“Kedua aspek ini tidak bisa dipisahkan untuk Nusa Utara, harus tetap bersinergi,” tandasnya.Upaya konkrit atas dua aspek tersebut, lanjutnya, akan terus dilakukan melalui penambahan proyek-proyek infrastruktur untuk menopang dinamika ekonomi demi pencapaian kesejahteraan.
“Karena ini daerah perbatasan, tentu akan terus dilakukan dengan program kerja ekstra yang tidak semata didasarkan pada rasio untung rugi secara ekonomis,” urainya.
Program ekstra dimaksud, misalnya pembangunan dermaga pelabuhan tidak harus memperhitungkan populasi penduduk dan potensi ekonomi di sebuah wilayah. Selain itu, pembangunan fasilitas public seperti akses komunikasi informasi di pulau-pulau terpencil juga tidak harus berdasarkan azas keekonomian, tetapi juga aspek keamanan dan kedaulatan wilayah.
Tentang pembangunan kesejahteraan di Nusa Utara, Olly Dondokambey yang juga Calon Gubernur Sulut mengatakan, Nusa Utara sebenarnya memiliki potensi ekonomi yang beragam. Sektor perikanan, pertanian, dan pariwisata Nusa Utara dapat menjadi pilar utama ekonomi.
“Nusa Utara daerah yang kaya. Nusa Utara daerah yang menjanjikan. Kesan sebagai daerah terpencil harus segera dihapus. Nusa Utara dapat segera jadikan sebagai destinasi wisata yang potensial. Untuk itu kita perlu kembangkan infrastruktur terutama akses transportasi baik darat, laut,maupun
Lanjutnya, jika dalam lima tahun ke depan jaringan transportasi di Nusa Utara dimaksimalkan, tiga kabupaten itu akan menjadi destinasi wisata melebihi Raja Ampat atau kawasan wisata bahari lainnya. Keindahan alam dan bawah laut Sangihe, Talaud, dan Sitaro memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan kawasan wisata alam lainnya di Indonesia.
“Ini akan sangat laku dijual, caranya kita perlu maksimalkan jaringan transportasi dan promosi,” ujarnya.
Sedangkan tentang potensi pertanian dan perikanan, Olly yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut menjelaskan, gagasan menjadikan Nusa Utara salah satu pusat perikanan di Indonesia sudah lama menjadi dirancang.
“Pemerintahan Jokowi sudah memiliki agenda pengembangan sektor perikanan, kelautan, kemaritiman. Kami sudah siap dengan program-program, Nusa Utara masuk dalam daftar prioritas,” tandas Olly.
Selain itu, salah satu komoditi pertanian andalan seperti Pala, menurut Olly juga dapat dikembangkan melalui program peremajaan tetapi juga pengembangan kualitas produksi. Produksi Pala terbesar Indonesia berasal dari Sitaro.
“Ini akan kita jadikan sumber kekuatan dan kebangkitan ekonomi pertanian Nusa Utara,” pungkasnya. (Qfle)

Advertisement , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru
Iklan Anda, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close