Biro Jasa dan PNS Imigrasi Kelas 1A Yogyakarta, OTT Tim Saber Pungli | Liputan Indonesia

Biro Jasa dan PNS Imigrasi Kelas 1A Yogyakarta, OTT Tim Saber Pungli

Advertisement

Sleman, Liputan Indonesia — Tim (Satgas Saber) Satuan Petugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Pungli) Operasi Tangkap Tangan (OTT), berhasil mengungkap proses pungli pengurusan pembuatan paspor di Kantor imigrasi kelas 1A Yogyakarta, satu orang pegawai PNS di instansi setempat ditetapkan menjadi tersangka dalam penggerebekan ini.

Direktur Resor Kriminal Khusus (Direskrimsus) Kombes Pol Antonius Pujianito mengatakan, ” OTT dilakukan Jumat (4/11/2016). Mereka mengungkap praktek pembuatan paspor yang dilakukan di luar prosedur yang telah ditetapkan. ” Tuturnya.

Tim Satgas Saber Pungli dibentuk oleh Presiden Jokowi ini, telah memberikan manfaat bagi masyarakat, karena selama ini tidak ada instansi manapun yang berani mengungkap Pungli disegala hal dalam pelayanan masyarakat. Didalam kinerjanya mereka telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pengurusan atau membuat paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1A Yogyakarta.

Saat melakukan pungli terbilang sangat rapi, Modus operasi yang dilakukan adalah pembuatan paspor lebih cepat dari pada prosedur standar yang ditetapkan minimal tiga hari. Melalui jalur oknum pegawai ini, kepengurusan paspor bisa hanya beberapa jam saja tanpa menunggu berhari hari.

“ Sudah lama rupanya ini di lakukan, Mereka bisa membuatkan paspor dalam hitungan jam sudah jadi. Biaya dan lama pembuatan tergantung negosiasi,” tutur Antonius.

Dalam kepengurusan paspor itu, tersangka tidak melakukan sendiri, akan tetapi dibantu sejumlah pegawai lainnya. Totalnya ada delapan orang di ruangan tersebut, termasuk PNS dan pegawai harian lepas (PHL).

Iklan anda Banner Lindo

Operasi ini, telah diamankan uang Rp11,5 juta dan lima unit ponsel. Uang tersebut merupakan hasil pungli dalam satu hari kerja.

Masih Antonius, kasus ini akan dikembangkan dan dilakukan pemberkasan di Polda DIY. Tersangka akan dijerat dengan acaman Pasal 12 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Dan terancam pemecatan dari pekerjaannya. (hryo).

Iklan AndaKepiting Jimbaran


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close