Bau Busuk, 3 Desa Tuntut Pengolaan Limbah Beracun PT. Andalan Furnindo | Liputan Indonesia
Bau Busuk, 3 Desa Tuntut Pengolaan Limbah Beracun PT. Andalan Furnindo
Trending News

Bau Busuk, 3 Desa Tuntut Pengolaan Limbah Beracun PT. Andalan Furnindo

Advertisement Bau Busuk, 3 Desa Tuntut Pengolaan Limbah Beracun PT. Andalan Furnindo

Bau Busuk, 3 Desa Tuntut Pengolaan Limbah Beracun PT. Andalan FurnindoLiputan Bekasi – Manis yang kau hasilkan, Asem yang kau berikan, Salah satu dari ratusan spanduk dalam aksi demo warga yang terpasang di pagar Perusahaan PT. Andalan Furnindo (Pabrik Gula) di kawasan Industri Marunda Center (KIMC), lantaran bau asem menyengat yang dialami ribuan warga tiga desa di Tarumajaya.

Ratusan warga Kecamatan Tarumajaya, lakukan aksi demonstrasi ke kawasan industri Marunda Center, desa Segara Makmur, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, menuntut PT Andalan Furnindo menghentikan kegiatannya, karena masyarakat menilai limbah bahan beracun berbahaya (B3) yang dihasilkan dari produksi PT Andalan Furnindo sangat mengganggu warga sekitar karena bau busuk yang ditimbulkan, Rabu (23/10/2019).

Supriyadi (36) kordinator aksi kepada media mengatakan, ” aksi kami ini karena pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi tidak merespon keluhan masyarakat khususnya masyarakat desa Segara Makmur, umumnya masyarakat di tiga desa, karena masyarakat merasakan dampak bau dari penampungan limbah B3, bau yang berulang-ulan,” ujarnya Rabu, (23/10/19).

Bau Busuk, 3 Desa Tuntut Pengolaan Limbah Beracun PT. Andalan Furnindo

“Mediasi sudah berulang kali dilakukan di desa Segara Makmur, tapi tidak menemui titik temu, kami menilai perusahaan tidak mengindahkan keluhan kami, perlu diketahui bersama bahwa kolam penampungan limbah B3 milik PT Andalan Furnindo saat ini sudah tidak bisa menampung limbah B3 yang dihasilkan dari produksi, sehingga meluap dan menimbulkan bau, kami hanya meminta pengelolaan limbah secara benar, “jelasnya.

Menurutnya, Kepolisian dan instansi terkait serta unsur Muspika adalah mata dan telinga kami, seharusnya mereka yang bisa peka untuk menanggulangi permasalahan ini.

Iklan anda Bau Busuk, 3 Desa Tuntut Pengolaan Limbah Beracun PT. Andalan Furnindo

“Limbah yang dihasilkan dari PT Andalan Furnindo sudah berdampak ke balita, dan anak-anak, karena tidak tahu mau mengadu kemana sejumlah ibu-ibu meluapkan emosi ke media sosial, “ungkapnya

Terpisah, H Agus Sopian SE, Kepala Desa Segara Makmur, ketika di konfirmasi di kantor desa mengatakan, bahwa sekitar dua tahun belakangan limbah yang dihasilkan dibiarkan, karena tidak ada yang mengelola, semenjak koperasi Segara Makmur di putus kontrak oleh PT Andalan Furnindo yang berada di kawasan Marunda Center.

Bau Busuk, 3 Desa Tuntut Pengolaan Limbah Beracun PT. Andalan Furnindo

“Dulu tidak seperti ini, pengangkutan limbah pun teratur, sehingga tidak berdampak kepada masyarakat, kalau sekarang, limbah yang tertampung di penampungan milik PT Andalan Furnindo sangat membuat resah warga, karena bau yang ditimbulkan, terlebih sudah meluap ke mana-mana, “ujarnya.

Menurutnya, sudah lima kali mediasi antara pihak perusahaan dengan warga dan pemerintah desa, tapi tidak pernah ada hasilnya.

“Mungkin aksi kali ini adalah luapan kekesalan warga yang diketahui berasal dari tiga desa, di kecamatan Tarumajaya, “terangnya. (gung)

Iklan AndaBau Busuk, 3 Desa Tuntut Pengolaan Limbah Beracun PT. Andalan Furnindo


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close