Banjir: Pemprov Jatim Siapkan Dana 55M Perbaikan Saluran dan Jalan

Dibaca: 177 kali
0
Situs+Berita+Indonesia+Dunia+Liputan+Indonesia

Jatim, Liputan Indonesia – Pemerintah provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) bekerjasama dengan Balai Besar Sungai Brantas menyiapkan  dana Rp. 55 miliar untuk mengatasi banjir sungai Kemuning, antara lain untuk perbaikan tangkis dan pengangkatan sedimentasi. Dana  diambilkan dari APBN sebesar  Rp. 5 miliar dan APBD Provinsi Jatim Rp. 50 miliar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Drs. Benny Sampir Wanto, M.Si, Kamis(2/2).

Perbaikan  akan dilakukan pada tahun 2017,  diawali dengan tender terlebih dahulu. Pelaksanaan perbaikan akan dilakukan setelah berakhirnya musim hujan. Bagi Kabupaten Sampang, mengatasi Sungai Kemuning merupakan kegiatan penting karena sungai ini penyebab seringnya banjir cukup parah di daerah tersebut.

Benny menjelaskan, penyebab seringnya banjir di Sampang tersebut karena sungai yang mengalami sedimentasi, banyaknya pemukiman di sekitar daerah aliran sungai, dan alur sungai yang semakin sempit. ” Selain itu, juga banyaknya anak sungai disana, yakni 72 buah, serta geografis kota yang rendah” jelasnya.

Oleh karena, perbaikan sungai merupakan keharusan agar banjir tidak terjadi di Sampang Madura.

Berdasarkan informasi dari KaBPBD Provinsi Jatim Sudarmawan, siang tadi jalan yang menghubungkan antara Sampang bagian kota dengan Kecamatan Omben yang dilintasi jalan provinsi banjir sehingga tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

Ketinggian banjir di wilayah Sampang bervariatif. Misalnya  Jl. Melati sekitar 1m, Jl. Imam bonjol Depan SMP 6 Sekitar 1- 1,1 m, Jl. Suhadak depan pasar Sure (Deggedek ) sekitar 1  1,2 m.

Sementara itu, ketinggian air mencapai 30 -100 cm terjadi tidak kurang menggenangi 15 jalan, diantaranya Jl. Raya Panggung, jl. Mawar, Jl. Kenanga, Jl. Cempaka. Juga, Jl. Seruni, Jl. Kamboja, Jl. Pahlawan mesjid Agung, Jl. Trunojoyo monumen, dan Jl. merapi.

Baca juga:  Longsor Salju Menyapu Kawasan Ski di Pegunungan Alpen, 3 Tewas

Penulis: (one/tra)
Editor : (red)

ca-pub-2508178839453084