Angkat Kearifan Lokal dalam EventInternasional | Liputan Indonesia

Angkat Kearifan Lokal dalam EventInternasional

Advertisement

KUDUS, Liputan Indonesia – Universitas Muria Kudus (UMK) melalui Divisi Kerja Sama Luar Negeri atau Kantor Urusan Internasional (KUI), menyiapkan dua event berskala internasional, dalam waktu dekat, yakni lokakarya Capacity Building dan Joint Summer Program. Menariknya, dua kegiatan ini mengusung kearifan lokal sebagai tema besanya.

Lokakarya Capacity Building bertajuk “Supporting Local Wisdom for Sustainable Development toward World Class University” rencananya akan dilaksanakan pada 7 September mendatang.

Para narasumber yang dijadwalkan hadir dalam kegiatan ini, yaitu Massudi Mahmudin Ph.D (Universiy Utara Malaysia) dengan materi “Local Wisdom For University Capacity Building. An Experience of University Utara Malaysia dan Rully Rahardian S.Si. M.Si. Ph.D (KUI Universitas Diponegoro) dengan papernya berjudul “Local Wisdom and Potentials For Unioversity Capacity Building”.

Sedang Joint Summer Program yang mengusung tema “Developing Local Wisdom Entrepreneurship in Global Competition” akan digelar selama tiga hari, yakni pada 27 hingga 29 Oktober nanti. Joint Summer Program ini tidak hanya diikuti akademisi dalam negeri saja, juga akan diikuti mahasiswa mitra dari luar negeri.

Diah Kurniati S.Pd. M.Pd., panitia kegiatan, mengutarakan, dua kegiatan ini merupakan tindak lanjut (follow up) dari proposal yang diajukan UMK ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). “Alhamdulillah, proposal UMK lolos dan mendapatkan pendanaan dari Dikti,’’ ujarnya.

Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama, Drs. Muh. Syafei M.Pd, menjelaskan, dalam seleksi proposal di Dikti, UMK lolos 30 besar. ‘’Kami sangat bersyukur, UMK menjadi satu dari sembilan universitas yang lolos tanpa revisi. Ini sungguh membanggakan,’’ paparnya.

Iklan anda Banner Lindo

Syafei berharap, dua kegiatan skala internasional yang disiapkan UMK, bisa mendorong isu kearifan lokal di ranah global. ‘’Khsusus Joint Summer Program, semoga bisa menjadi ruang sharing kebudayaan dan kearifan lokal. Sebab, kegiatan ini rencananya akan diikuti akademisi dari universitas mitra dari luar negeri, seperti dari Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Singapore,’’ tuturnya. (*)

Iklan AndaKepiting Jimbaran


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close