Abaikan Resume DPRD, PD Pasar Surya Surabaya 'Layak Diperiksa Kejaksaan atau KPK' | Liputan Indonesia
PD pasar surya surabaya di sidak jaksa dan kpk
Trending News

Abaikan Resume DPRD, PD Pasar Surya Surabaya ‘Layak Diperiksa Kejaksaan atau KPK’

Advertisement PD pasar surya surabaya di sidak jaksa dan kpk

Koordinator Lapangan (Koorlap): Hasil Resume Rapat DPRD Kota Surabaya Dilanggar, Kejaksaan atau KPK Harus Menguak Dugaan Korupsi PD Pasar Surya Terutama Pasar Keputran Selatan.

PD pasar surya surabaya di sidak jaksa dan kpk
Foto: Restribusi Iuran Bulanan PD Pasar Surya Pasar Keputran Selatan. Kamis, (10/10/19).

Liputan Indonesia | Surabaya – Pembongkaran Pedagang unggas di pasar Keputran Selatan di protes oleh pemiliknya, pasalnya pembongkaran tersebut tidak sesuai dengan Resume Hasil Rapat Fraksi Demokrat Nasdem di gedung DPRD Kota Surabaya sejak tahun 2018 kemarin, mulai dari di komisi B, hingga diarahkan ke komisi A, dan beberapa kali dilakukan sampai terkahir dilakukan di Fraksi Demokrat Nasdem yang saat itu di pimpin oleh Moch. Macmud, S.Sos. M.Si.

Namun anehnya hingga rapat terakhir dilakukan 24 September 2019 di gedung DPRD Surabaya di komisi A, pihak PD Pasar Surya Surabaya tidak pernah melaksanakan Hasil Resume tersebut dilapangan, malahan pedagang unggas di takut takuti dengan adanya pembongkaran pembokaran tanpa ada solusi yang jelas.

Adapun poin hasil resume rapat tersebut adalah,

1. Fraksi Demokrat Nasdem mendesak Pemkot Surabaya untuk mewujudkan tempat pemotongan unggas.

2. Pedagang diperkenankan tetap berjualan ditempat baru yang disediakan oleh PD Pasar dan juga disediakan tempat untuk pembuangan limbah (darah) pemotongan ayam sebanyak 7 tong.

Iklan anda PD pasar surya surabaya di sidak jaksa dan kpk

3. Titik pemotongan tersentral di lokasi yang ditentukan PD Pasar.

4. Hasil rapat dikirimkan ke Pemkot Surabaya.

Namun, setelah beberapa hari kemudian keluar edaran pemberitahuan dari PD Pasar Surya yang isinya,

1. Tanggal 10 oktober 2019 segera mengosongkan dan merelokasi stand saudara ke tempat stand yang baru sesuai hasil nomor pengundian.

2. Tanggal 11 oktober 2019 akan dilaksanakan kerja bakti sekaligus dilakukan pembongkaran keseluruhan stand ungga sisi utara.

Tanggapan Koordinator Lapangan Pasar Keputran Selatan Surabaya

Dalam hal ini H. Hafidz selaku koordinator pedagang unggas keputran selatan mengatakan, ” Hasil Resume DPRD Kota Surabaya itu tidak dihormati oleh PD Pasar Surya Pemkot Surabaya, isinya loh.. Ngawur mas, mereka itu (PD Pasar Surya) tidak menyesuaikan dan tidak melaksanakan hasil kesepakatan bersama yang telah ditanda tangani oleh PD Surya Pusat Kepala Pasar Selatan, Anggota DPRD Surabaya, serta pedagang ugggas Pasar keputran selatan, masyarakat yang berdagang puluhan tahun disini, “ujarnya. Kamis, (10/10/2019). Saat ditemui di pasar unggas Keputran Selatan pukul 11:00 WIB.

PD pasar surya surabaya di sidak jaksa dan kpk
Foto: Koorlap Pedagang Unggas Pasar Keputran Selatan saat di berikan penjelasan oleh TNI dari pihak keamanan PD Pasar Surya se Surabaya.

Lanjutnya, ” Masak tempat yang baru kecil sedangkan pedagang banyak sekali, apakah cukup, walaupun dipaksakan pun tidak akan cukup dikarenakan bapak Taufik selaku pembina pedagang pasar berjanji akan merelokasikan bahkan akan menjanjikan untuk mengganti setiap stand milik pedagang pasca pembongkaran yang dilakukan oleh petugas satpol PP di waktu itu, apalagi ada ketidak cocokan dengan pedagang lainnya. Takutnya ada gesekan dengan pedagang lainnya seperti pedagang daging sapi dan ikan, ” katanya.

” Pemkot Surabaya ini sebetulnya tidak siap menanggulangi polemik pedagang unggas ini, bahkan PD Pasar Surya ini seakan akan membuat manajemen konflik sesama pedagang,” jelasnya.

” Ini buktinya, diundur lagi tanpa ada pengawalan apalagi isi dari resum rapat DPRD tidak dilaksanakan, malah pihak PD pasar Pemkot Surabaya membuat hasil resum rapat baru, kok aneh. DPRD wakil rakyat kok gak di hormati sama sekali, mau jadi apa kota ini, harus ada tindak lanjut dari Kejaaksaan atau KPK agar terkuak dugaan pelanggaran pelanggaran PD Pasar Surya terutama Pasar Keputran Selatan Surabaya,” katanya dengan nada kesal disertai teriakan pedagang lainya.

PD pasar surya surabaya di sidak jaksa dan kpk
Foto: Fasum Trotoar Pejalan kaki di pagari besi, oleh pemilik rumah. Tanpa ada tindakan dari penegak perda Surabaya.

Masih H. Hafidz, ” Iniloh mas pelanggaran di pasar ini banyak, salah satunya stand di samping ponten banyak yang jadi kos kos an warga, masak pasar di buat kos kosan seperti itu, sebetulnya limbahnya unggas itu mas sudah ada yang ambil termasuk bulu dan jeroan semua, kenapa yang disalahkan hanya pedagang unggas saja, selokan buntu, proyek box culvert, sampah rongsokan, padahal selokan buntu itu disebabkan oleh pedagang penggiling bumbu nasi padang, pertanyaan saya apakah stand penggilingan bumbu tersebut memiliki ijin stand seperti milik kita, lawong pedagang unggas saja yang resmi memiliki ijin dari PD Pasar Surya posisi dibelakang saja di bongkar hingga saat ini belum mendapatkan ganti rugi kok, kok yang dibingungkan pedagang unggas saja, ” ucapnya.

” Kalau memang PD Pasar mengatakan penataan ulang seharusnya ditata keseluruhan, hingga yang standnya dibongkar seharusnya sudah mendapat ganti stand baru, jangankan stand mas, musholla saja tidak bangun lagi, fasum trotoar pengguna jalan di pagari,” jelasnya di amini oleh semua pedagang unggas Keputran Selatan Surabaya.

PD pasar surya surabaya di sidak jaksa dan kpk
Foto: Pedagang unggas saat diberikan surat penundaan pembongkaran stand oleh pihak PD Pasar Surya di Kantornya.

Dengan adanya kejadian ini, PD Pasar perlu perhatian khusus dan pengawalan dari instansi terkait agar bisa menyelesaikan tugas ini, tanpa adanya gesekan dan konflik sesama pedagang.

PD pasar surya surabaya di sidak jaksa dan kpk
Foto: Selokan yang diduga dibiarkan hancur oleh pengelola pasar Keputran Selatan, namun restribusi bulanan mahal.

Banyaknya bukti yang akan terkuak terkait pelanggaran dan diduga sarat dengan korupsi saat wartawan Liputan Indonesia investigasi di dalam pasar Keputran Selatan perlu di tindak lanjuti  lagi dan perlu di investigasi dari Kejaksaan dan KPK, pembangunan saluran box culvert, selokan tidak berfungsi padahal sudah diperbaiki, akses trotoar fasum pengguna jalan di pagari, bangunan pasar yang sangat tidak layak, tapi tetap membayar restribusi tiap bulannya tapi fasilitas tidak ditunjang, menjadi perhatian khusus dari pihak terkait.

Selain Pedagang Unggas, Pedagang Emas Kecewa dengan PD Pasar Surya Surabaya.

PD pasar surya surabaya di sidak jaksa dan kpk
Foto: Proyek Saluran Box Culvert terlihat ngawur dan sarat dugaan dikorupsi volume materialnya.

Salah satu pemilik Toko emas Sumber Djojo yang tak mau disebut namanya mengatakan, ” Saya ini bangun dan renofasi sendiri mas tidak ada bantuan dari PD Pasar tapi saya sudah 30 tahun bayar restribusi pasar, perhatian mereka tidak ada sama sekali, disini dulu ada tempat iklan loh mas, dan masang di atas selokan, iya sekarang dibangun box culvert, tapi masak ada proyek saluran kayak begini, sampeyan lihat sendiri saja mas, dari saluran box culvert saja sudah kayak begini, apalagi di selediki lebih mendalam, ” paparnya.

PD pasar surya surabaya di sidak jaksa dan kpk
Foto: Lahan Pembuangan Sampah di PD Pasar Keputran Surabaya di Dijual kepada pengusaha Barang Bekas untuk menimbun dagangannya. Surat dari PD Pasar di jaminkan pinjam uang ke Bank oleh pemiliknya.

” Ya harapan saya sih, agar PD Pasar Surya Pemkot Surabaya bisa bijaksana, adil dan fasilitas itu jangan omong kosong, restribusi bulanan yang diambil untuk apa, lalu fasilitas tidak di ada. Lari kemana duitnya, memang saya simpan semua karcis bulanan dan surat surat penting lainnya yang terkait toko saya ini mas, ” tutupnya.

Kepala PD Pasar Keputran Selatan Pemkot Surabaya Alergi Wartawan

PD pasar surya surabaya di sidak jaksa dan kpk
Foto: Saat wartawan hendak konfirmasi ke Kepala PD Pasar Keputran Selatan ditolak.

Terpisah, Armadayati selaku Kepala PD Pasar Keputran Selatan Pemkot Surabaya saat hendak di konfirmasi seperti alergi dengan wartawan, dengan tidak menghormati wartawan yang akan mengkonfirmasi kebenaran itu, ia mengatakan, ” Sudah mas saya tidak mau bicara tentang hal ini, langsung saja ke Humas PD Pasar, saya tidak mau komentar, ” pungkasnya. (awr/one)

Iklan AndaPD pasar surya surabaya di sidak jaksa dan kpk


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close