7 Cara Atasi Bayi Rewel | Liputan Indonesia
, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

7 Cara Atasi Bayi Rewel

Advertisement , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru
7 Cara Atasi Bayi Rewel

Liputan Indonesia, LiputanIndonesia.co.id – Tangisan bayi perlu disyukuri karena artinya ia mampu menyatakan  ketidaknyamanan. Segera cari tahu penyebab dan temukan solusinya. Berikut 7 cara atasi bayi rewel:

1. Memberi ASI atau makanan pendamping ASI.

Lapar umumnya adalah dugaan pertama yang pasti terlintas di benak orangtua ketika bayi menangis. Memang benar, tapi cobalah untuk melakukan pengamatan, apa sih tanda-tanda bayi Anda mulai lapar?
Tanda-tanda bayi lapar di antaranya gelisah, menggerak-gerakkan bibir atau mengisap jarinya. Mempelajari tanda-tanda bayi mulai lapar dapat membantu orangtua atau pengasuh dalam memenuhi kebutuhan si kecil akan zat gizi.

2. Menggantikan popok atau pospak.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui alasan bayi  menangis adalah mengecek popok atau pospaknya. Sebagian bayi ada yang memiliki toleransi tinggi sehingga mampu menahan rasa basah dan tidak menangis sebelum digantikan popoknya. Namun, tidak sedikit pula yang  langsung menangis sesaat setelah popoknya basah dan meminta untuk segera digantikan.

                   

3. Menidurkan.

Iklan anda , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Kebanyakan orang beranggapan bahwa bayi sangat beruntung karena dapat tidur dengan mudah di mana pun. Kenyataannya tidaklah selalu demikian. Ketika bayi sangat lelah, umumnya ia malah menjadi sulit tidur dan rewel. Bahkan beberapa ada yang menangis sepanjang waktu. Untuk menghadapi bayi yang mengantuk tapi sulit tidur, beberapa orangtua menyarankan untuk mendendangkan lagu yang tenang. Bayi pun akan merasa tenang. Dukung dengan suasana kamar yang temaram, tenang, suhunya tidak panas atau terlalu dingin, dan tidak banyak nyamuk.

4. Memberikan dekapan hangat.

Beberapa bayi membutuhkan belaian lembut dan dekapan hangat orangtuanya, terutama sebelum tidur. Setelah berusia beberapa bulan, bayi sangat mengenali wajah, suara, irama detak jantung, dan aroma tubuh orangtuanya. Semua yang khas dari orangtuanya itu dapat memberikan rasa aman kepada bayi. Hal ini penting untuk ketenangannya. Ketika mendekap hangat si bayi, ucapkan dengan lembut dalam jarak yang dekat bahwa orangtuanya hadir untuk melindungi dan menjaga dirinya, serta akan mampu menenangkannya.

5. Menghangatkan perut untuk mencegah kolik.

Banyaknya gas yang tertahan di sekitar wilayah perut dapat menyebabkan bayi  tak nyaman. Inilah yang dinamakan kolik. Akibatnya bayi dapat  menangis tiba-tiba di waktu-waktu tertentu secara berkepanjangan. Bahkan, ada yang sampai menangis sepanjang 3 jam  tanpa henti. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman di perut, balsam khusus bayi atau minyak telon yang dioleskan di perut bayi akan cukup membantu.   Selain itu, menurut pengalaman beberapa orangtua, ada cara sederhana lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi gas di perut, yaitu baringkan bayi telentang, kemudian pegang telapak kaki bayi dan tekuk tungkainya untuk menekan perut. Atau, pegang pergelangan  kaki bayi dan gerakkan seperti orang mengayuh sepeda. Lakukan beberapa kali sambil cermati reaksi bayi. Bila bayi merasa nyaman, teruskan. Namun, bila bayi  meronta-ronta, segera hentikan.

6. Memberikan kesempatan bersendawa.

Ketika bayi menangis setelah makan atau minum susu, kemungkinan besar ia butuh bersendawa. Terkadang, tanpa disadari ketika sedang menyusu, bayi menghirup udara. Jika udara itu terperangkap di lambung, perutnya terasa tidak nyaman. Untuk itulah bayi  harus disendawakan setelah menyusu ataupun minum susu.

7. Memberikan kenyamanan sesuai cuaca.

Cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat membuat bayi merasa tak nyaman. Bila cuaca terlalu panas, coba lepaskan baju bayi, kemudian basuh tubuhnya dengan air biasa (suhu ruang) dan waslap, atau tisu basah. Gantilah baju yang dikenakannya dengan yang lebih nyaman untuk cuaca saat itu. Atau, bila cuaca terlalu dingin, bungkuslah bayi dengan selimut bedong agar hangat.(Tabloid-Nakita.com)

Advertisement , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru
Iklan Anda, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close