6,8 juta foto pengguna Facebook bocor kena bug

Dibaca: 1118 kali

Foto: Mark Elliot Zuckerberg

New York – Facebook mengumumkan pada hari Jumat bahwa jejaring sosial itu telah memaparkan foto-foto pribadi jutaan pengguna tanpa izin mereka.

Perusahaan itu mengatakan bug baru-baru ini mengizinkan pengembang aplikasi pihak ketiga untuk mengakses foto yang mungkin tidak dibagikan oleh publik. Facebook percaya sebanyak 6,8 juta pengguna bisa terpengaruh dan bocor terkena bug.

Komisi Perlindungan Data Irlandia, badan yang mengawasi kepatuhan Facebook dengan peraturan Eropa, mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka telah meluncurkan “penyelidikan wajib” ke Facebook sebagai akibat dari beberapa pelanggaran yang telah diinformasikan kepada mereka tentang tahun ini.

Foto-foto yang mulai diunggah oleh pengguna ke Facebook tetapi tidak dikirim dapat diakses, bersama dengan gambar yang diposting ke Facebook Stories, Tomer Bar, seorang direktur teknik di Facebook, menulis di sebuah posting blog.

“Kami minta maaf ini terjadi,” tambahnya.

Foto-foto pengguna terpapar selama 12 hari pada bulan September, kata posting blog.

Baca:  BCA FINANCE Cabang Galaxy Seperti Preman, Polsek Sukolilo Cuek

Ketika ditanya mengapa Facebook menunggu untuk menginformasikan kepada publik tentang masalah ini, juru bicara Facebook mengatakan kepada wartawan, “Kami telah menyelidiki masalah ini karena diketahui untuk mencoba dan memahami dampaknya sehingga kami dapat memastikan bahwa kami menghubungi pengembang dan orang yang tepat. dipengaruhi oleh bug. Itu kemudian membawa kami beberapa waktu untuk membangun cara yang berarti untuk memberi tahu orang-orang, dan mendapatkan terjemahan dilakukan. ” dikutip dari CNN Business.

Informasi yang diberikan Facebook kepada pengembang aplikasi pihak ketiga terus berada di bawah pengawasan. Awal tahun ini, seorang ilmuwan data yang bekerja untuk Cambridge Analytica mengungkapkan perusahaan itu beberapa tahun yang lalu menggunakan sistem untuk mengumpulkan data tentang puluhan juta orang Amerika.

Sebagai akibat dari bug ini, perusahaan mengatakan mereka yakin foto-foto itu dapat diakses oleh 1.500 aplikasi yang dibuat oleh 876 pengembang.

Facebook mengatakan akan memberi tahu orang-orang yang berpotensi terkena dampak oleh bug.

Baca:  Pejabat BPJS Diusir Ketua Komisi D DPRD Surabaya