Staf Khusus Kementerian Kominfo RI Jadi Pembicara Utama Literasi Digital Bagi Pemuda Papua

Liputan Indonesia
|| Manado, - Departeman Gugus Tugas Papua Pengurus Pusat Pemuda Katolik Sabtu (9/7) menyelenggarakan pelatihan literasi digital secara daring terkait pembuatan grafik hasil penelitian bagi pemuda.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kerjasama Pengurus Pusat Pemuda Katolik dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia usai penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) di Manado, Sulawesi Utara pada Mei 2022.

PIC Gerakan Nasional Pemuda Penggerak Transformasi Digital atau Petra Digital Pemuda Katolik Bondan Wicaksono dalam sambutan pembukaan mengatakan, kegiatan literasi digital yang diselenggarakan Gugus Tugas Papua Pemuda Katolik merupakan bagian dari program kerja sama Pemuda Katolik dengan Kementerian Kominfo yang akan dilaksanakan secara nasional dalam waktu dekat.

“Dalam rangka mendukung program pemerintah, kami Pengurus Pusat Pemuda Katolik akan terlibat aktif dalam Gerakan Nasional Literasi Digital melalui inisiasi Gerakan Nasional Pemuda Penggerak Transformasi Digital atau Petra Digital. Pelatihan literasi digital kami akan laksanakan secara nasional. Salah satu bentuk pelatihan difokuskan ke Indonesia timur, khususnya tanah Papua,” ujar Bondan.

Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma mengatakan, Gerakan Nasional Pemuda Penggerak Transformasi Digital atau Petra Digital merupakan gerakan penguatan literasi digital yang akan dijalankan oleh Pemuda Katolik di 37 keuskupan, dan kurang lebih 1.288 paroki di seluruh wilayah Indonesia.

Staf Khusus Kementerian Kominfo Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang saat tampil sebagai keynote speaker mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G Plate menyampaikan apresiasi kepada Gugus Tugas Papua Pemuda Katolik yang menyelenggarakan kegiatan literasi digital.

Menurut Philip, saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia fokus membangun membangun infrastruktur teknologi informasi dan literasi digital di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T), terutama di Papua yang menjadi konsen Pemerintahan Jokowi.

“Kementerian Kominfo saat ini fokus membangun infrastruktur teknologi informasi di wilayah wilayah Indonesia timur yang pada umumnya termasuk wilayah 3T. Pembangunan infrastruktur dibarengi dengan program kecakapan digital, keamanan digital, dan budaya digital,” kata Philip.

Selain itu, Philip mengatakan pemerintah sedang fokus membangun Papua. “Kami sedang fokus di Papua. Saat ini sudah membangun 8000 base transceier station (BTS) dan pemasangan kabel optik di seluruh tanah Papua sebagai upaya pemerataan akses internet,” ujar Philip lebih jauh.

Untuk itu, lanjut Philip, pihak Kementerian Kominfo Republik Indonesia siap berkolaborasi dengan Gugus Tugas Papua Pemuda Katolik untuk membangun literasi digital di tanah Papua.

Ketua Gugus Tugas Papua Pengurus Pusat Pemuda Katolik Melkior NN Sitokdana menyampaikan komitmen Pemuda Papua berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melaksanakan Program Papua Edukatif dalam bidang literasi digital.

Sitokdana mengatakan, Gugus Tugas Papua Pengurus Pusat Pemuda Katolik yang dipimpinnya sudah menggagas dan sedang melaksanakan kegiatan Program Papua Edukatif bagi para pemuda di seluruh Indonesia. Program Papua Edukatif tersebut merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia pemuda Papua. Kegiatan literasi digital diselenggarakan setiap bulan dengan pemuda binaan lebih dari 100 orang.

“Kami siap berkolaborasi dengan Kementerian Kominfo untuk meningkatkan kecakapan digital bagi pemuda Papua supaya lebih adaptif dengan perkembangan teknologi informasi dan mengambil bagian penting dalam proses pembangunan di tanah Papua,” ujar Sitokdana, putra asli Papua yang juga dosen IT Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Kegiatan Literasi Digital tersebut menghadirkan narasumber mahasiswa asli Papua yang ahli dalam Data Science and Web Programming yaitu Nikson They Muay. Muay, mahasiswa Teknik Informatika Universitas Kristen Satya Wacana, memberikan pelatihan tentang pembuatan grafik menggunakan aplikasi mobile, yaitu aplikasi WPS Apps dan Google form.

Sedangkan narasumber kedua Fikri Muslim, M.Sc dari Pusat Riset Kependudukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Peneliti yang sedang menggagas pendidikan kampung di Papua ini memberikan pelatihan pengolahan data kuantitatif dan penyajian data berbentuk grafik menggunakan excel dan PowerPoint. Materi pelatihan yang bersifatnya praktis membuat puluhan peserta fokus mengikuti kegiatan sampai selesai.*





Penulis :


Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB- HAK KOREKSI-HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar

Artikel lainnya:


toko online liputan Indonesia

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Isi Pemberitaan Tanggung Jawab Wartawan Masing-masing, PT. Lindo Sahabat Mandiri penerbit Media Liputan Indonesia hanya memberikan bantuan Hukum bilamana melanggar / tidak sesuai dengan Kode Etik Jurnalis sesuai UU Tentang Pers no. 40, Tahun 1999. Wartawan Liputan Indonesia Wajib Tunduk dan Patuh serta Bekerja Berdasarkan Kode Etik Jurnalis dan UU Tentang Pers No: 40 Thn 1999. Liputan Indonesia, Berita Terbaru, Berita Utama
Nama

#BeritaViral,236,Advertorial,327,BAIS,5,Berita Utama,2094,Berita-Terkini,1300,BIN,9,BNNK,8,BNNP,5,Capres 2024,5,Covid-19,131,Destinasi-Wisata,67,EkoBis,382,Galeri-foto-video,155,Gaya-Hidup,120,Hak Jawab,4,Hoax / Fakta,5,Hobby,63,HuKrim,1352,Info Haji,19,Internasional,357,Internet,82,Kesehatan,519,Kicau Mania,23,KPK,8,Kuliner,15,Laporan-Masyarakat,414,Lindo-TV,118,Liputan Haji Indonesia,5,Liputan-Investigasi,375,Lowongan Kerja,3,Melek-Hukum,68,Nasional,1687,Olahraga,91,Opini Rakyat,159,Otomotif,12,Pemerintah,1105,Pendidikan,125,Peristiwa,612,PERS,5,Pilpres 2024,1,Politik,550,POLRI,1513,Pungli,31,Regional,3748,Religi,192,Sejarah,56,Selebritis,76,Seni-Budaya,89,ShowBiz,104,Technology,137,Tips-Trick,116,TNI,720,
ltr
item
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia - LiputanIndonesia.co.id: Staf Khusus Kementerian Kominfo RI Jadi Pembicara Utama Literasi Digital Bagi Pemuda Papua
Staf Khusus Kementerian Kominfo RI Jadi Pembicara Utama Literasi Digital Bagi Pemuda Papua
kerjasama Pengurus Pusat Pemuda Katolik dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia usai penandatanganan Nota Kesepahaman, MoU
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtc0ZAL3UZIHrKmrFZ2Z1vfQXXrUlfx1gihJlXnSv7kHhOVWZoE2gYcBIbobflGh4KIFQIRpmjNeOe5lVEzzsrTPxE1bTHJuPBCTaBDrieE7AX4m2h7eOnIAHsAixxRy9VqvcVay-w3SfbRc0fwApDl118Mz33-X4MCFQ4AHArqx4OclC98UiddsJm3Q/s320/Efisiensi%20Distribusi%20STB%20ASO%20Tahap%20Pertama,%20Kominfo%20Terapkan%20QR%20Code.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtc0ZAL3UZIHrKmrFZ2Z1vfQXXrUlfx1gihJlXnSv7kHhOVWZoE2gYcBIbobflGh4KIFQIRpmjNeOe5lVEzzsrTPxE1bTHJuPBCTaBDrieE7AX4m2h7eOnIAHsAixxRy9VqvcVay-w3SfbRc0fwApDl118Mz33-X4MCFQ4AHArqx4OclC98UiddsJm3Q/s72-c/Efisiensi%20Distribusi%20STB%20ASO%20Tahap%20Pertama,%20Kominfo%20Terapkan%20QR%20Code.jpg
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia - LiputanIndonesia.co.id
https://www.liputanindonesia.co.id/2022/07/staf-khusus-kementerian-kominfo-ri-jadi.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2022/07/staf-khusus-kementerian-kominfo-ri-jadi.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Buka semua Berita BERITA TIDAK ADA BUKA SEMUA BACA JUGA BALAS Cancel saja HAPUS Penulis NEWS HALAMAN ARTIKEL BUKA SEMUA Penting Dibaca.. BERITA UTAMA Arsip CARI SEMUA BERITA YANG KAMU CARI TIDAK ADA BRO.. Kembali saja.. Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content