Rumah Sakit Lapangan Pemprov Jatim di Puslitbang Humanior Siap Digunakan Pasien Covid 19

Liputan Jatim - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, langsung meninjau persiapan fasilitas rumah sakit darurat Pemprov Jatim untuk penanganan pasien covid 19 di gedung Puslitbang Humaniora Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang berada di Kota Surabaya, Jumat (22/5).

Dalam pantauan di lapangan, Gubernur Khofifah yang didampingi oleh dr. Joni, Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Suban, Kepala Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (PRKPCK), Ir Baju Trihaksoro, langsung melihat dua ruang tenda yang didirikan di halaman Puslitbang Kemenkes yang di dalamnya terdapat 36 bed untuk pasien Covid 19.

"Alhamdulillah untuk persiapan fasilitas kamar bagi pasien covid 19 sudah bagus dan siap digunakan pasien covid 19. Untuk daya tampung rumah sakit ini sudah disediakan ada 500 bed baik Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hingga Orang Dalam Pantau (ODP)," ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, usai meninjau lokasi rumah sakit darurat.

Dikatakannya, saat ini dinamikan penyebaran dan peningkatan pasien Covid 19 di Jatim luar biasa. Mengingat saat ini kabupaten/kota telah memasuki zona merah, sehingga Kabupaten/kota harus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan yang berlipat ganda.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa Pemprov juga telah menyiapkan rumah sakit bagi pasien covid 19  di gedung baru Rumah Sakit Menur pada pertengahan maret lalu. Saat ini rumah sakit covid 19 di Rumah sakit Menur juga telah penuh pasien Covid 19. Begitu juga di Rumah Sakit dr. Soetomo saat ini untuk pasien covid 19 terus bertambah.

"Kami ingin Pasien Covid dengan kondisi perlu penanganan berat maka dilakukan di rumah Sakit dr. Soetomo. Kemudian Pasien Covid 19 yang ringan hingga sedang dilakukan atau ditangani di rumah Sakit Lapangan di  gedung Puslitbang Humaniora Kementerian Kesehatan (Kemenkes), sehingga daya tampung Rumah sakit rujukan di Jatim dapat tertata dengan baik dan bagus,"paparnya.

Gubernur Khofifah, menyampaikan kepada Kabupaten/kota juga berbuat hal yang sama dengan menyiapkan tempat rumah sakit rujukan di daerahnya bagi pasien covid 19.

Dengan begitu penanganan pertama korban covid 19 bisa tertolong dengan cepat dan tepat.

"Seberapa pun persiapan yang telah disiapkan oleh pemerintah untuk penanganan covid 19 ini tanpa diikuti kedisiplinan oleh masyarakat secara konsisten maka itu semua tidak artinya. Oleh Karena itu pihaknya meminta kepada Masyarakat semua di Jatim tolong patuhi dan jaga protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. 

Seperti keluar rumah harus menggunakan Masker, kemudian Phiscal Distancing jaga Jarak, hindari kerumunan, dan lakukan pola hidup sehat," pintanya.

Sementara itu ketua Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur Joni Wahyuha mengatakan di rumah sakit ini dapat menampung sampai 500 pasien.

Namun, yang baru dapat digunakan sementara 36 yang ada di RS tenda.
Ia menyampaikan, RS ini hanya untuk menampung Orang Tanpa Gejala (OTG) atau pasien covid-19 dengan gejala ringan dan sedang. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban RS rujukan yang saat ini jumlah sudah melebihi kapasitas. “Covid sesuatu masalah yang komplek, maka kita pisahkan OTG kemudian gejala ringan dan sedang kita rawat di sini. Kenapa kita rawat? Karena isolasi di rumah tidak memenuhi syarat kalau rumah kecil anggota keluarga banyak ya menyebar,” ungkapnya.

Untuk mengurangi rasa bosan pasien, Joni menyampaikan, disiapkan tenda khusus untuk santai dan berolahraga serta ada tenda untuk kafe. Tak hanya itu, ada pula tempat cuci pakaian bila ingin mencuci.

Meski bernama RS darurat, Joni tetap menambahkan fasilitas kamar ICU untuk menghadapi kondisi gawat. Ada empat kamar dengan dilengkapi ventilator. “Karena covid ini gak bisa diprediksi, kondisi bagus bagus bagus tiba-tiba sesak kita rawat di icu,” ungkapnya.

dr Joni pria yang juga Direktur RSU dr Soetomo itu memastikan,  bahwa besok (Sabtu - red) rumah Sakit lapangan pemprov Jatim di gedung Puslitbang Humaniora Kementerian Kesehatan (Kemenkes)   sudah dapat menerima pasien.(pca)


Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB | HAK KOREKSI | HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar




Pengunjung Hari ini



Update #Covid19

Perkembangan Virus Corona di Indonesia:

/fa-clock-o/ Tips & Trick

Nama

Advertorial,264,Covid-19,63,Destinasi-Wisata,50,EkoBis,282,Ekonomi-Bisnis,37,Galeri-foto-video,120,Gaya-Hidup,95,Hak Jawab,3,Hoax / Fakta,1,Hobby,31,HuKrim,936,Info Haji,15,Internasional,250,Internet,49,Kesehatan,384,Kicau Mania,14,Komunitas,9,Kuliner,12,Laporan-Masyarakat,317,Lindo-TV,91,Liputan-Investigasi,334,Liputan-Utama,1247,Melek-Hukum,40,Nasional,1309,Olahraga,71,Opini Rakyat,140,Otomotif,10,Pasuruan,13,Pasuruan Kota,5,Pemerintah,826,Pendidikan,95,Peristiwa,510,Politik,478,POLRI,904,Pungli,13,Regional,2924,Religi,134,Sejarah,24,Selebritis,49,Seni-Budaya,56,ShowBiz,73,Technology,90,Tips-Trick,66,TNI,642,utama,1,
ltr
item
#1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi liputan terbaru.: Rumah Sakit Lapangan Pemprov Jatim di Puslitbang Humanior Siap Digunakan Pasien Covid 19
Rumah Sakit Lapangan Pemprov Jatim di Puslitbang Humanior Siap Digunakan Pasien Covid 19
https://1.bp.blogspot.com/-OEljgGOQq9Y/Xsj3M0YsGOI/AAAAAAAARjc/miJQIoPKcgIKJeEwAgeWm6eoVseWtEwrQCNcBGAsYHQ/s320/IMG-20200523-WA0022.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-OEljgGOQq9Y/Xsj3M0YsGOI/AAAAAAAARjc/miJQIoPKcgIKJeEwAgeWm6eoVseWtEwrQCNcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200523-WA0022.jpg
#1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi liputan terbaru.
https://www.liputanindonesia.co.id/2020/05/rumah-sakit-lapangan-pemprov-jatim-di.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2020/05/rumah-sakit-lapangan-pemprov-jatim-di.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Lihat Semua Tidak ada yang anda cari Lihat Semua Baca.. Balas Cancel reply Hapus By Home Halaman BERITA Lihat Semua Baca Berita Lainnya BACA ARCHIVE CARI Lihat Semua Tidak ada yang anda cari Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy