Dampak Virus corona: Italia mewajibkan 16 juta orang di wilayah utara ikuti karantina

Italia menderita karena virus corona: kafe-kafe dan hotel-hotel sepi, sektor turisme di sini diperkirakan bakal merugi £6,5 miliar (Rp103 triliun).

Perdana Menteri Italia mengatakan setidaknya 16 juta orang di wilayah Lombardy dan 14 provinsi lainnya diwajibkan untuk dikarantina setelah ada kenaikan tajam infeksi virus corona di negara itu. Proses karantina akan berlangsung hingga awal April nanti. Akibat peningkatan dramatis korban virus itu, pemerintah Italia akan menutup semua pusat kebugaran, kolam renang, museum dan resor ski untuk menahan laju wabah virus corona. Italia merupakan negara terparah di Eropa Italia dan melaporkan adanya kenaikan tajam dalam infeksi virus itu pada hari Sabtu. Negara itu juga melaporkan jumlah kematian terbanyak akibat virus corona atau Covid-19 di luar China, sejak virus itu menjalar pada Desember 2019. Langkah-langkah baru, yang juga berlaku untuk kawasan pusat keuangan di kota Milan dan pusat kunjungan wisata di Venesia akan berlangsung hingga 3 April.


Korban tewas di Italia telah melewati 230 orang, dan seorang pejabat melaporkan lebih dari 50 kematian dalam 24 jam terakhir. Jumlah kasus yang dikonfirmasi virus corona melonjak lebih dari 1.200 menjadi 5.883 pada Sabtu. Sebelumnya, Institut Kesehatan Nasional menyatakan usia rata-rata para korban meninggal dunia adalah 81 tahun. Mayoritasnya mengidap penyakit bawaan.

Diperkirakan 72% di antara mereka berjenis kelamin laki-laki. Menurut data pemerintah, 4,25% kasus virus corona yang dikonfirmasi telah meninggal dunia, persentase tertinggi di dunia. Karena itu, dalam pernyataan yang diumumkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Indonesia melarang masuk atau transit wisatawan asing asal Italia serta warga asing yang pernah mengunjungi wilayah tersebut. Dua negara lainnya yang disebutkan adalah Iran dan Korea Selatan. Keputusan ini mulai berlaku pada Minggu (8/3) pukul 00.00 WIB.

Apa yang sudah dilakukan pemerintah Italia?

Pemerintah Italia sebelumnya telah menutup semua sekolah selama 10 hari mulai Kamis (05/03) dalam upaya menghambat penyebaran wabah virus corona. Dan semua kompetisi olahraga profesional, termasuk pertandingan sepak bola Serie A, bakal dilangsungkan tanpa penonton selama sebulan. Virus corona telah menyebabkan 107 orang meninggal dunia di Italia, negara yang paling terdampak oleh wabah tersebut di Eropa. Perdana Menteri Giuseppe Conte mengatakan layanan kesehatan bisa jadi kewalahan. "Situasinya berubah sangat cepat... Yang jelas ialah wabah ini belum mencapai puncaknya," kata Jens Spahn. Kasus telah dikonfirmasi di 81 negara, dengan Italia, Iran, dan Korea Selatan muncul sebagai hotspot di luar China. Roma Italia adalah negara paling terdampak oleh wabah virus corona di Eropa. Sebelumnya, pemerintah Italia menutup semua sekolah selama 10 hari mulai Kamis (05/03) dalam upaya menghambat penyebaran wabah virus corona. Dan semua kompetisi olahraga profesional, termasuk pertandingan sepak bola Serie A, bakal dilangsungkan tanpa penonton selama sebulan. Virus corona telah menyebabkan 107 orang meninggal dunia di Italia, negara yang paling terdampak oleh wabah tersebut di Eropa. Perdana Menteri Giuseppe Conte mengatakan layanan kesehatan bisa jadi kewalahan. Kasus telah dikonfirmasi di 81 negara, dengan Italia, Iran, dan Korea Selatan muncul sebagai hotspot di luar China.





italiaHak atas fotoEPA
Image captionPetugas melakukan penyemprotan di sebuah gereja di Naples.

PM Conte meminta semua warga Italia untuk "melakukan bagian mereka"
"Kita dalam perahu yang sama, siapapun yang memegang kemudi punya tugas untuk menunjukkan jalan, kita harus berusaha lebih keras, kita harus melakukannya bersama-sama," ujarnya.
Menteri Pendidikan, Lucia Azzolina, berharap para siswa bisa kembali bersekolah secepat mungkin.
"Saya berkomitmen untuk memastikan bahwa layanan umum yang esensial tersedia bagi semua murid, meskipun dari jauh," ujarnya.
Media lokal mengatakan pakar kesehatan dan menteri kesehatan Italia mendukung langkah penutupan sekolah.
Angka kematian akibat virus corona di Italia melonjak sebanyak 28 orang, sehingga totalnya kini 107 orang, kata Badan Perlindungan Sipil pada hari Rabu. Kebanyakan pasien meninggal dunia berada di wilayah Lombardy sekitar Milan, dan wilayah utara dekat Bologna dan Venesia.
Langkah pengendalian awal, yang meliputi karantina 11 kota di dekat Milan dengan populasi 50.000 orang, gagal menghentikan penyebaran infeksi.
Pemerintah kini juga mempertimbangkan untuk menutup bioskop dan teater serta melarang acara publik, lansir kantor berita Reutes, mengutip draf surat keputusan pemerintah.
Dekret itu juga meminta warga Italia untuk menghindari pelukan dan berjabat tangan sebisa mungkin.






RomaHak atas fotoEPA
Image captionItali adalah negara paling terdampak oleh wabah virus corona di Eropa.
Presentational grey line

Italia dilanda ketakutan

Mark Lowen, koresponden BBC di Roma
Italia menderita karena virus corona: kafe-kafe dan hotel-hotel sepi, sektor turisme di sini diperkirakan bakal merugi £6,5 miliar (Rp103 triliun).
Kota lainnya di sebelah utara Milan bisa dikarantina setelah kasus di sana terus bertambah.
Namun langkah-langkah pengendalian sejauh ini gagal menghambat penyebaran — satu korban pertama telah jatuh di selatan Roma.
Dan meskipun sang perdana menteri berusaha meyakinkan rakyatnya dalam pidato tadi malam, rasa takut akibat krisis ini semakin dalam.






Presentational grey line

Apa lagi yang terjadi

  • Dewan Perwakilan Rakyat AS menyetujui usulan pendanaan sebesar $8,3 miliar (Rp118 triliun) untuk menangkal penyebaran virus corona. Legislasi darurat itu sudah diteruskan ke Senat
  • California mencatat kematian pertama di AS di luar negara bagian Washington. Los Angeles mendeklarasikan situasi darurat
  • Israel menerapkan larangan perjalanan pada lima negara Eropa — Prancis, Jerman, Spanyol, Austria, dan Swiss
  • Arab Saudi untuk sementara melarang perjalanan umrah bagi warga Saudi dan kerajaan Teluk
  • Irak mengumumkan dua orang meninggal dunia. Negara tersebut akan menunda semua perdagangan dengan Iran dan Kuwait selama sepekan. Wilayah Kurdistan di utara mengatakan acara keagamaan di masjid, gereja, dan kuil untuk sementara dilarang hingga waktu yang belum ditentukan
  • Warga Australia menimbun tisu toilet setelah pengumuman dua orang meninggal dunia di negara tersebut
  • Maskapai penerbangan Jerman Lufthansa melarang terbang 150 dari 170 pesawatnya karena "situasi luar biasa"
  • Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan bahwa dampak ekonomi virus corona terus meningkat, memprediksikan penurunan dalam pertumbuhan ekonomi global hingga di bawah laju tahun lalu
  • Namun presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach mengatakan pesta olahraga dunia itu akan tetap dilaksanakan pada musim panas ini di Tokyo













self isolation

Negara mana saja yang telah menutup sekolah?

China daratan dan Hong Kong, Jepang, Irak, dan Uni Emirat Arab telah menutup sekolah atau akan melakukannya.
Prancis juga telah menutup sekitar 120 sekolah di daerah-daerah dengan jumlah infeksi coronavirus terbesar.
Baik sekolah dasar maupun menengah telah ditutup di daerah utara Paris tempat munculnya kumpulan terbesar kasus di Prancis dan merupakan tempat tinggal dua orang yang meninggal dunia karena virus.

WHO: Total kasus di dunia mendekati 100.000

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menyatakan jumlah total kasus virus corona di seluruh dunia "mendekati" 100.000.
"Kini kita mendekati 100.000 kasus terkonfirmasi," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus
Namun, sejumlah organisasi lain—termasuk kantor berita seperti Reuters dan AFP—membuat perhitungan sendiri dengan menambahkan angka-angka yang diberikan berbagai negara dan pejabat kesehatan.
Kedua kantor berita ini kini melaporkan jumlah total kasus virus corona sudah melampaui 100.000.
Di Universitas Johns Hopkins, Amerika Serikat, para peneliti terus memutakhirkan laman interaktif untuk melacak wabah virus corona per detik.
Berdasarkan perhitungan mereka, lebih dari 100.000 orang sudah terinfeksi dan lebih dari 3.400 orang telah meninggal dunia di seantero dunia.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan hampir 100.000 orang di seluruh dunia telah terjangkit virus corona. Lebih dari 3.000 orang meninggal dunia, sebagian besar di China.
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyatakan penyebaran virus "amat mengkhawatirkan" dan mendesak semua negara menempuh langkah-langkah pembendungan sebagai "prioritas tertinggi".






Presentational white space
Penyebaran virus corona di dunia



Sumber; BBCIndonesia

Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB- HAK KOREKSI-HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar


Berita lainnya:




toko online zeirshopee

#LIPUTAN_TERKAIT$type=carousel

Nama

#Berita Viral,7,#BeritaViral,579,#MafiaTanah,10,#Mudik2023,19,#Mudik2024,2,#Pemilu2024,51,#UMKM,1,Advertorial,419,antisipasi,7,Apel,1,bahan pangan,1,BAIS,5,Bakti sosial,14,Banjir,1,Banjir susulan,1,bansos,5,bantuan,1,bencana,4,bencana Alam,3,berbagai,1,Berbagi,5,Beri Taliasih,1,Berita Terkin,1,Berita Terkini,869,Berita Utama,2927,Berita warga,1,Berita-Terkini,3783,BIN,11,bisnis,3,BNNK,16,BNNP,10,BPBD,1,BPN,4,BRI,1,Bukber,2,Capres 2024,28,Ciptakan,1,Covid-19,131,Curanmor,1,daera,1,daerah,1,Deklarasi,2,demonstrasi,2,Destinasi-Wisata,70,Dewan Pers,8,Dinkes,1,distribusi,1,egional,1,EkoBis,439,ekonomi,7,Ekonomi -bisnis,5,ekonomi bisnis,2,evakuasi,2,evaluasi,2,fasilitas,4,Galeri-foto-video,172,Gaya-Hidup,122,Hak Jawab,4,Hoax / Fakta,5,Hobby,75,HuKri,3,HuKrim,2191,hukum,34,hukum Polri,24,identitas,1,index,2,Info Haji,21,Inovasi,1,insiden,2,Internasional,381,Internet,93,islami,4,Jum'at Curhat,1,Kamtibmas,1,Kebijakan,2,Kemenkes,1,kenaikan pajak,1,Kesehatan,551,Kicau Mania,29,kontroversi,1,Korupsi,7,KPK,24,Kuliner,20,Kunjungan,1,Laporan Masyarakat,14,Laporan-Masyarakat,457,Lindo-TV,133,Liputan Haji Indonesia,7,Liputan-Investigasi,392,Lowongan Kerja,4,mahasiswa,1,masyarakat,1,Melek-Hukum,87,Melepas Limed,1,Miras,1,Nasional,1943,nasional hukum,1,nasional regional,1,Negara,1,Nobar,1,Nobar film,1,Olahraga,121,Online,1,operasi,3,operasi Semeru,1,Opini Rakyat,161,organisasi,2,Otomotif,12,patroli,3,peduli sosial,3,Pelayanan,1,Pemalsuan,1,Pemerinta,4,Pemerintah,1881,Pemerintah Regional,2,pemerintahan,1,Pemilu 2024,95,pencurian,1,Pendidikan,152,penduduk,1,penertiban PKL,1,Pengaduan,1,pengarahan,1,pengawalan,1,penghargaan,2,pengukuhan,1,penimbunan,1,penipuan,2,Peristiwa,704,PERS,31,Pilpres 2024,32,Politik,785,politisi,2,POLR,3,POLRI,2898,Polri Regional,3,Pungli,50,Ranmor,1,Regiona,3,Regiona l,1,Regional,6907,Regional Hukrim,4,regional Nasional,1,Regional pemerintah,5,Regional peristiwa,1,Relawan,2,Religi,328,santunan,1,Santuni Anak Yatim,2,Satgas,1,Satkamling,1,Sejarah,63,Selebritis,80,Seni-Budaya,101,senirgitas,1,sertifikat,1,ShowBiz,109,Sidokkes,1,Situasi Kondusif,1,sosial,6,Sukseskan Posyandu,1,Tauziah,2,Tebar kebaikan,1,Technology,145,Tips-Trick,122,TNI,806,TNI Al,4,TNI AU,2,TNI-Polri,50,tokoh agama,3,Tokoh masyarakat,6,UMKM,1,upacara,1,Wisata,1,wujud kepedulian,1,
ltr
item
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia: Dampak Virus corona: Italia mewajibkan 16 juta orang di wilayah utara ikuti karantina
Dampak Virus corona: Italia mewajibkan 16 juta orang di wilayah utara ikuti karantina
Korban tewas di Italia telah melewati 230 orang, dan seorang pejabat melaporkan lebih dari 50 kematian dalam 24 jam terakhir. Jumlah kasus yang dikonfirmasi virus corona melonjak lebih dari 1.200 menjadi 5.883 pada Sabtu. Sebelumnya, Institut Kesehatan Nasional menyatakan usia rata-rata para korban meninggal dunia adalah 81 tahun. Mayoritasnya mengidap penyakit bawaan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMIYI4gLRZG1HUt3D1M2aYOoqvmWG8begx3KNm8SZNN1V1Ym5nZCGHQ5koZzR0QGN49N9p-PWJH8MmrycB-nHqN_J4QcBXqb48VoHK7SWxITiYpKRsLm3d6vFzVxE_pBosGwRtoGoP8sEH/s640/_111179526_italiacorona.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMIYI4gLRZG1HUt3D1M2aYOoqvmWG8begx3KNm8SZNN1V1Ym5nZCGHQ5koZzR0QGN49N9p-PWJH8MmrycB-nHqN_J4QcBXqb48VoHK7SWxITiYpKRsLm3d6vFzVxE_pBosGwRtoGoP8sEH/s72-c/_111179526_italiacorona.jpg
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia
https://www.liputanindonesia.co.id/2020/03/dampak-virus-corona-italia-mewajibkan.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2020/03/dampak-virus-corona-italia-mewajibkan.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Buka semua Berita BERITA TIDAK ADA BUKA SEMUA BACA JUGA BALAS Cancel saja HAPUS Penulis NEWS HALAMAN ARTIKEL BUKA SEMUA Penting Dibaca.. BERITA UTAMA Arsip CARI SEMUA BERITA YANG KAMU CARI TIDAK ADA BRO.. Kembali saja.. Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content