Musdes Tukar Guling Tanah Tambak di Desa Rangkah Sidoarjo Berakhir Voting

Surabaya - Bertempat di Balai Desa Rangkah Kidul, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo warga setempat berkumpul mengikuti Musyawarah Desa membahas 'Tukar Menukar Tanah Aset Desa Rangka Kidul' yakni berupa tambak di Tambak Kaliwakul, Kamis, (12/10/2019).


Ketua BPD, Harya mengawali kalimatnya sambil menyebut sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No I Tahun 2016, tentang persyaratan pelepasan aset desa atau tukar guling. Dikatakan, prosedur itu bisa dilakukan dengan persetujuan warga melalui musyawarah desa. 

Dikatakan, aset tanah berupa tambak yang dimiliki desa ada tiga titik, dengan luas 22 hektar. Sementara, rencana tukar guling dengan PT Makmur Berkah Amanah (MBA) atau SevaLock sebagai pengganti luasnya 62,7 hektar. Ketua BPD itu menyebut, jika benar terjadi tukar guling, desanya diuntungkan karena mendapat pengganti lebih luas. 

"Lokasinya strategis, bisa dijangkau perahu atau sepeda motor. Nilainya, semakin lama akan semakin mahal dan ini akan menguntungkan desa dan anak cucu kita nanti," urai Harya.

Untuk mematangkan rencana itu, panitia dengan tim apresial (sebagai pihak ketiga) telah melakukan survei ke lokasi, dan tertuang dalam kesepakatan tercatat, Nomor 0030/II.01.09-03/PI.03/02/91/I/VIII/2019.

"Jadi, tanah kas desa luasnya 22 hektar akan mendapat ganti 62,7 hektar, ditambah mendapat dua gudang dan tambahan bantuan pembangunan Rp 5 miliar," urainya.


Tanah yang akan dilepas nilai jualnya Rp 61 ribu per meter persegi, atau senilai Rp 38 juta.

"Pengembang juga akan memberikan akta notaris kepemilikan tanah pengganti ke Pemerintahan Desa Rangka Kidul. Ini yang akan kita dapat, lokasi strategis, lebih baik. Sanitasi lebih tinggi dan airnya cukup, kedepan akan lebih mahal," katanya.

Sementara, pihak perusahaan yang akan menerima tukar guling, diwakili oleh Richard, mewakili direktur utamanya Richard membacakan klausul-klausul yang dituangkan diatas kertas bermaterai. Pihaknya akan memenuhi kesepakatan yang tertuang. Diantaranya, membangun gedung pertemuan, masjid dan membebaskan dua rumah di kanan kiri masjid untuk fasilitas warga.

Kemudian, berlanjut dengan tanya jawab. Banyak pertanyaan terlontar termasuk soal nilai nominal atau alasan kenapa desa itu akan melepas asetnya ke pengembang. Termasuk pertanyaan kenapa uang tambahan hanya Rp 5 miliar. yang menurut penanya terlalu kecil, seharusnya bisa Rp 20 miliar. 

Penanya lain, ada yang menolak penegasan BPD yang menyebut seakan tanah desa miliknya sudah tidak produktif dan susah mendapatkan nilai tinggi saat akan disewakan.

"Saya tidak sepakat kalau disebutkan tambak itu tidak produktif, saya melihat sendiri. Dan, siapa bilang tidak diminati penyewa, ayo saya carikan penyewa, ndak benar itu," kata warga penanya lainnya. 

Sebagian dari mereka mengaku menolak, meski jumlahnya sedikit, 9 orang, lebih banyak yang setuju dilakukan tukar guling.

Acara terus berlanjut, dengan keputusan dilakukan votting. Mereka yang setuju berdiri mengacungkan jari, yang tidak setuju pun sama, kemudian dicatat oleh panitia.

Usai pertemuan, sejumlah warga mencurigai dan mengatakan pertemuan itu telah lama 'diatur'. Ada tim yang menggiring warga untuk menyetujui dilakukan tukar guling. 

Warga yang ikut pertemuan, tidak bisa 'bersuara' lantang termasuk untuk bisa mengoreksi kejanggalan. Bukti lainnya, pendaftaran untuk bisa mengikuti MusDes sengaja di setting dalam waktu 7 hari. 


Mereka yang menolak atau keberatan, alasannya pertama, bukan masalah setuju atau tidak setuju adanya tukar guling. Tetapi prosesnya yang ada kejanggalan dan rekayasa. 

"Sepertinya sejak awal sudah di setting. Termasuk kita-kita ini tidak bisa ikut dalam musyawarah, karena tidak terdaftar," ucap warga yang tidak menyebut namanya. 

Soal harga tanah, mereka menyebut juga ada kejanggalan, karena harga yang ditawarkan pengembang SaveLock dinilai lebih rendah.

"Kan, tidak dibahas ada atau tidaknya kompetitor atau perusahaan lain, selain Savelock yang mungkin minat, dan bisa dengan harga lebih tinggi," tambahnya. 

Mereka akan menyampaikan uneg uneg nya ke pihak desa. Dan, akan terus mengawasi jalannya proses rencana tukar guling, agar desa juga masyarakat tidak dirugikan, karena adanya dugaan rekayasa.


Menanggapi itu, Kepala Desa Rangka Kidul Woeliyono kepada wartawan menegaskan, proses musyawarah desa berjalan sesuai prosedur dan demokratis. Warga punya waktu seminggu mendaftar untuk mengikuti MusDes. Lanjut dia, itu disampaikan melalui spanduk dan saat tahlilan di kelompok-kelompok masyarakat di desanya. 

"Inilah demokrasi, ada yang puas ada yang tidak puas atau oposisi. Jangan karena benci dengan saya lalu tidak mendukung, ada 9 orang tadi. Karena mendukung saya, kemudian setuju, menurut saya ini biasa," kata Kades Rangkah Kidul itu.(tji)


Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB | HAK KOREKSI | HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar




Pengunjung Hari ini



Update #Covid19

Perkembangan Virus Corona di Indonesia:

/fa-clock-o/ Tips & Trick

Nama

Advertorial,268,Covid-19,79,Destinasi-Wisata,52,EkoBis,282,Ekonomi-Bisnis,40,Galeri-foto-video,120,Gaya-Hidup,95,Hak Jawab,3,Hoax / Fakta,1,Hobby,34,HuKrim,944,Info Haji,15,Internasional,250,Internet,49,Kesehatan,390,Kicau Mania,16,Komunitas,9,Kuliner,12,Laporan-Masyarakat,322,Lindo-TV,91,Liputan-Investigasi,340,Liputan-Utama,1301,Melek-Hukum,42,Nasional,1327,Olahraga,73,Opini Rakyat,140,Otomotif,10,Pasuruan,14,Pasuruan Kota,5,Pemerintah,861,Pendidikan,96,Peristiwa,510,Politik,480,POLRI,923,Pungli,13,Regional,2966,Religi,134,Sejarah,24,Selebritis,49,Seni-Budaya,57,ShowBiz,73,Technology,90,Tips-Trick,66,TNI,647,utama,1,
ltr
item
#1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi liputan terbaru.: Musdes Tukar Guling Tanah Tambak di Desa Rangkah Sidoarjo Berakhir Voting
Musdes Tukar Guling Tanah Tambak di Desa Rangkah Sidoarjo Berakhir Voting
https://1.bp.blogspot.com/-f8nM2o8IfHs/XXpABIlCtgI/AAAAAAAAl0g/wuU8IPeXJb0F7KehGcHUnvf0lg39a67lgCLcBGAsYHQ/s320/IMG20190912151331.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-f8nM2o8IfHs/XXpABIlCtgI/AAAAAAAAl0g/wuU8IPeXJb0F7KehGcHUnvf0lg39a67lgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG20190912151331.jpg
#1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi liputan terbaru.
https://www.liputanindonesia.co.id/2019/09/musdes-tukar-guling-tanah-tambak-di.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2019/09/musdes-tukar-guling-tanah-tambak-di.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Lihat Semua Tidak ada yang anda cari Lihat Semua Baca.. Balas Cancel reply Hapus By Home Halaman BERITA Lihat Semua Baca Berita Lainnya BACA ARCHIVE CARI Lihat Semua Tidak ada yang anda cari Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy