Gubernur Khofifah Buka Pawai Festival Seni Keagamaan Hindu Tingkat Nasional ke 3, di JX Internasional

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan pentingnya memahami dan menjunjung tinggi nilai-nilai Kebhinekaan, di tengah keberagaman yang ada. Khofifah juga mengatakan akulturasi budaya sudah berjalan sangat natural, termasuk dari beberapa daerah yang menyatu dengan budaya Jawa Timur. Sambil menyebut budaya dari sejumlah kabupaten di Jawa Timur.


"Kebhinnekaan ini betapa indahnya sebagai keindahan kekayaan bangsa kita. Tadi saya sengaja menukil pepatah seperti yang dikatakan oleh Bung Karno, bagi yang beragama Islam tidak perlu jadi orang Arab, bagi yang beragama Hindu tak perlu jadi orang India, tetap jadilah orang Indonesia. Karena Kebhinnekaan dari suku, agama, bahasa, ras itu menyatu dalam Kebhinnekaan," urai Gubernur Khofifah mendampingi Dirjen Bimas Hindu I Ketut Widnya M.A, M.PHil, PhD saat membuka Pawai Festival Seni Keagamaan Hindu Tingkat Nasional ke 3, bertema "Dengan Pelaksanaan Pawai Kita Tumbuh Kembangkan Seni Budaya Nusantara" di JX International Surabaya, Selasa (17/9/2019).

Pawai dan Festival Keagamaan Hindu itu digelar untuk merajut khasanah seni budaya Nusantara. Dan, tahun ini terdapat 21 kontingen atau sekitar 1.000 peserta yang mengikuti pawai dari berbagai daerah di Indonesia. 

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Khofifah mendapat lukisan yang menyimbulkan kebersamaan Jatim dengan Papua dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) asal Provinsi Papua. 

Pawai dan Festival Keagamaan Hindu ke-3 Tingkat Nasional Tahun 2019 diawali dengan Tari Pendet Delta Sidoarjo persembahan dari PHDI Jatim. Kontingen tersebut memberikan buquet bunga kepada Gubernur Khofifah. 

Dilanjutkan dengan pertunjukan lagu Surabaya “Rek Ayo Rek” yang dipersembahkan oleh Kontingen Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Jatim.


Tak hanya Provinsi Jatim, provinsi lain pun ikut menyemarakkan pawai, seperti Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Bali. 

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menampilkan pakaian serba merah dan blangkon khas jawanya, Provinsi Banten mengenakan pakaian serba biru. Lalu dari Jawa Barat, pesertanya mengenakan baju serba biru dengan menampilkan musik angklung. Kemudian Sulawesi Tengah menampilkan pakaian khas adatnya. Termasuk kontingen Jawa Tengah menggunakan Blangkon Jateng. Kontingen Nusa Tenggara Timur memberikan mengenakan baju adatnya. Bahkan, cinderamata berupa kain tenun khas NTT pun diberikan kepada Gubernur Khofifah. Terakhir, pawai pun ditutup dengan penampilan Kontingen Bali yang menampilkan Tari Kecak. 

Dipilihnya Jatim menjadi tempat penyelenggaraan, Gubernur Khofifah merasa bangga dan terhormat. Untuk itu, dirinya menjamin kenyamanan dan suasana penuh damai kepada seluruh peserta yang berasal berbagai daerah di Indonesia. 

"Jawa Timur adalah rumah kita semua. Di Jawa Timur seluruh warga bangsa hidup aman, nyaman, tentram dan penuh kedamaian,” kata mantan Menteri Sosial RI di era Presiden Jokowi itu.


Menurutnya, jaminan ini diberikan karena proses akulturasi di Jatim telah berjalan dengan sangat natural. Akulturasi itu telah menyatu dengan Jatim. 

Sementara itu, Dirjen Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama I Ketut Widnya menjelaskan, merajut khasanah seni budaya nusantara artinya kebhinekaan yang ada serta seni budayanya dirajut menjadi satu. Dengan demikian, semua seni dari masing-masing daerah itu berbeda-beda tetapi bisa menjadi satu. 

“Kita lihat tadi banyak berbeda-beda itu menjadi satu. Dan kita bisa menikmati bersama,” pungkasnya.(tji)


Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB | HAK KOREKSI | HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar




Pengunjung Hari ini



Update #Covid19

Perkembangan Virus Corona di Indonesia:

/fa-clock-o/ Tips & Trick

Nama

Advertorial,268,Covid-19,81,Destinasi-Wisata,53,EkoBis,284,Ekonomi-Bisnis,41,Galeri-foto-video,120,Gaya-Hidup,95,Hak Jawab,3,Hoax / Fakta,1,Hobby,35,HuKrim,945,Info Haji,15,Internasional,250,Internet,49,Kesehatan,392,Kicau Mania,17,Komunitas,10,Kuliner,12,Laporan-Masyarakat,322,Lindo-TV,91,Liputan-Investigasi,340,Liputan-Utama,1315,Melek-Hukum,42,Nasional,1332,Olahraga,73,Opini Rakyat,140,Otomotif,11,Pasuruan,15,Pasuruan Kota,5,Pemerintah,869,Pendidikan,97,Peristiwa,510,Politik,480,POLRI,928,Pungli,13,Regional,2978,Religi,134,Sejarah,24,Selebritis,49,Seni-Budaya,57,ShowBiz,73,Technology,90,Tips-Trick,66,TNI,648,utama,1,
ltr
item
#1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi liputan terbaru.: Gubernur Khofifah Buka Pawai Festival Seni Keagamaan Hindu Tingkat Nasional ke 3, di JX Internasional
Gubernur Khofifah Buka Pawai Festival Seni Keagamaan Hindu Tingkat Nasional ke 3, di JX Internasional
Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan pentingnya memahami dan menjunjung tinggi nilai-nilai Kebhinekaan, di tengah keberagaman yang ada. Khofifah juga mengatakan akulturasi budaya sudah berjalan sangat natural, termasuk dari beberapa daerah yang menyatu dengan budaya Jawa Timur. Sambil menyebut budaya dari sejumlah kabupaten di Jawa Timur.
https://1.bp.blogspot.com/-WCZP9q2Jx70/XYDaOEmUd7I/AAAAAAAAl7k/D2bD_b_uNE4JUeftPayoYMfm-4oSMmamQCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20190917_200242.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WCZP9q2Jx70/XYDaOEmUd7I/AAAAAAAAl7k/D2bD_b_uNE4JUeftPayoYMfm-4oSMmamQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20190917_200242.jpg
#1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi liputan terbaru.
https://www.liputanindonesia.co.id/2019/09/gubernur-khofifah-buka-pawai-festival.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2019/09/gubernur-khofifah-buka-pawai-festival.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Lihat Semua Tidak ada yang anda cari Lihat Semua Baca.. Balas Cancel reply Hapus By Home Halaman BERITA Lihat Semua Baca Berita Lainnya BACA ARCHIVE CARI Lihat Semua Tidak ada yang anda cari Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy