Digantungkan di Pagar Grahadi, Mahasiswa Titip Pesan ke Gubernur Khofifah, Usai Aksi Demo

Surabaya - Usai mengikuti aksi demo di depan Gedung DPRD Jawa Timur di Jalan Indrapura, Surabaya, sekitar pukul 17.00 WIB, petang, konvoi kendaraan roda dua mahasiswa beriringan menyusuri jalanan, meninggalkan lokasi demo, gedung wakil rakyat. Di antara sejumlah ruas jalan yang dilalui sambil sesekali menggeber suara knalpot motor, bendera merah putih terus berkibar di pundak remaja putra-putri mengenakan jaket almamater berbagai warna, ciri khas kampus mereka, di Surabaya.

Saat melintas di Jalan Gubernur Suryo, tepatnya di depan Gedung Negara Grahadi beberapa diantara mereka menepi. Yang di boncengan turun kemudian menempelkan sejumlah poster berisi berbagai kalimat yang dipakai saat demo, ditenggerkan di pagar Gedung Negara Grahadi. Usai meletakkan poster-poster itu mereka kemudian berlalu, kembali melajukan motornya. Kamis (26/9/2019).


Diantaranya, ada Logo berlatar  belakang warna Merah Putih bertuliskan KPK (dengan ukuran besar) bertengger di pagar besi halaman Grahadi. Di samping kanan dan kiri logo itu, terjejer kardus lainnya bertuliskan "DPR Kamu Jahat..!!" Kemudian ada tulisan Bank Century, E-KTP, Hambalang, Dana Haji, BLBI dan Pimpinan KPK yang ini dari kardus. 

Bisa ditebak, poster berbagai tulisan itu sebelumnya dipakai aksi di depan DPRD Jatim. Sengaja digantungkan di pagar Gedung Negara Grahadi, untuk mengingatkan semua orang yang melihat bahwa KPK hingga saat ini masih memiliki banyak tugas berat dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. 

Tak terkecuali oleh para mahasiswa yang menaruhnya, juga ditujukan kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang harus ikut mengawal aspirasi mahasiswa di Jatim. Agar tuntutan mereka sampai ke pemerintah pusat. 


"Itu artinya simbol sebuah pesan Mas, mereka (mahasiswa) ingin Gubernur Khofifah juga ikut menyuarakan aspirasi mahasiswa hingga ke pemerintah pusat, KPK tidak boleh dilemahkan karena tugas berat masih menanti," ucap seorang lelaki mengaku bernama Heru yang saat itu juga ikut mengabadikan poster-poster, melalui handphone miliknya.  

Sementara, petinggi Kepolisian di Jatim menilai aksi mahasiswa di DPRD Jatim berjalan tertib, mulai hari pertama hingga Kamis tadi. 

“Saya sebagai Kapolda Jatim terima kasih, sekali lagi terima kasih yang sebesar-besarnya karena aksi turun ke jalan yang berlangsung selama tiga hari ini sangat kondusif dan tak terjadi apa-apa, bukan hanya di Surabaya namun juga di kota/kabupaten di seluruh Jatim," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

Pihaknya juga membenarkan mengamankan dua orang yang diduga menjadi provokator, membuat keributan antara mahasiswa dan aparat kepolisian. Itu tersulut aksi saling dorong hingga kejar-kejaran dan lembar botol minuman kemasan ke sesama kelompok mahasiswa.

Saat aksi saling lempar antar elemen mahasiswa, ternyata juga mengarah ke petugas kepolisian yang menjaga jalannya aksi. Bahkan, petugas juga mengamankan pelempar kapak dan batu ke aparat kepolisian.


Beruntung, kericuhan beberapa menit itu tak ada yang terluka baik dari kelompok mahasiswa maupun polisi. Itu berkat kesigapan petugas  melakukan antisipasi agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Alhamdulillah aksi mahasiswa berjalan dengan lancar walaupun sempat ada aksi saling lempar, tapi kami berhasil mengamankan dua orang sehingga keadaan bisa kembali kondusif,” tegas Irjen Pol Luki Hermawan.(tji)


Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB | HAK KOREKSI | HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar




Pengunjung Hari ini



Update #Covid19

Perkembangan Virus Corona di Indonesia:

/fa-clock-o/ Tips & Trick

Nama

Advertorial,268,Covid-19,79,Destinasi-Wisata,52,EkoBis,282,Ekonomi-Bisnis,40,Galeri-foto-video,120,Gaya-Hidup,95,Hak Jawab,3,Hoax / Fakta,1,Hobby,34,HuKrim,944,Info Haji,15,Internasional,250,Internet,49,Kesehatan,390,Kicau Mania,16,Komunitas,9,Kuliner,12,Laporan-Masyarakat,322,Lindo-TV,91,Liputan-Investigasi,340,Liputan-Utama,1301,Melek-Hukum,42,Nasional,1327,Olahraga,73,Opini Rakyat,140,Otomotif,10,Pasuruan,14,Pasuruan Kota,5,Pemerintah,861,Pendidikan,96,Peristiwa,510,Politik,480,POLRI,923,Pungli,13,Regional,2966,Religi,134,Sejarah,24,Selebritis,49,Seni-Budaya,57,ShowBiz,73,Technology,90,Tips-Trick,66,TNI,647,utama,1,
ltr
item
#1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi liputan terbaru.: Digantungkan di Pagar Grahadi, Mahasiswa Titip Pesan ke Gubernur Khofifah, Usai Aksi Demo
Digantungkan di Pagar Grahadi, Mahasiswa Titip Pesan ke Gubernur Khofifah, Usai Aksi Demo
https://1.bp.blogspot.com/-kvVwG58c7KA/XYzOkNUdm4I/AAAAAAAAmDk/NKTQA82MPJMq8FqtBjkQltY_xNNoBxQPwCLcBGAsYHQ/s320/IMG20190926163121.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-kvVwG58c7KA/XYzOkNUdm4I/AAAAAAAAmDk/NKTQA82MPJMq8FqtBjkQltY_xNNoBxQPwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG20190926163121.jpg
#1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi liputan terbaru.
https://www.liputanindonesia.co.id/2019/09/digantungkan-di-pagar-grahadi-mahasiswa.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2019/09/digantungkan-di-pagar-grahadi-mahasiswa.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Lihat Semua Tidak ada yang anda cari Lihat Semua Baca.. Balas Cancel reply Hapus By Home Halaman BERITA Lihat Semua Baca Berita Lainnya BACA ARCHIVE CARI Lihat Semua Tidak ada yang anda cari Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy