Langsung Kerja, Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana Canangkan, Surabaya Kurangi Bahan Plastik

Surabaya, LiputanIndonesia.co.id - Wali Kota Tri Rismaharini didampingi Wawali Whisnu Sakti Buana, Langsung bekerja bersama Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Musdiq Ali Suhudi dan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya, Chalid Buchari. 

Warga Surabaya dihimbau untuk mengurangi dan tidak menggunakan bahan terbuat dari plastik semaksimal mungkin. Salah satu cara adalah dengan membawa tas kantong sendiri (reusable bag) atau tas berbahan kain ketika berbelanja. 

Menurut Walikota, pengunaan plastik sekarang ini sudah sangat tinggi sementara sampah plastik sangat sulit terurai. 

Dibutuhkan waktu 100 tahunan agar sampah plastik terurai.  

Himbauan ini disampaikan Wali Kota Surabaya yang baru dilantik yaitu Tri Rismaharini di Taman Bungkul, Minggu (21/02/2016).

Setelah melakukan teleconference dengan Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya bertepatan dengan launching gerakan Indonesia Bersih sampah 2020.

Dan juga mengajak beberapa masyarakat dan pelajar yang peduli sampah serta kootdinasi dengan komunitas Tunas Hijau yang berada di Surabaya. 

Saat Obrolan melalui teleconference bersama Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Wali Kota Tri Rismaharini menuturkan bahwa warga di Surabaya, termasuk anak sekolah, dan semua elemen masyarakat, selama ini sudah melakukan pengelolaan lingkungan dan daur ulang sampah, dalam hal ini akan terus dikembangkan, mengingat sampah menjadi acuan untuk mencarikan solusi terus menerus.

“Bersama anak-anak, dan semua elemen masyarakat sampah plastik didaur ulang, digunakan sebagai aksesoris, hiasan rumah dan baju daur ulang yang dipakai saat pagi ini,” kata Walikota Surabaya.  

Mendengar obrolan itu, Menteri LH, Siti Nurbaya mengungkapkan, Surabaya dan Wali Kota Tri Rismaharini selama ini telah memiliki reputasi bagus dalam hal pengelolaan lingkungan hidup dan terkait masalah sampah. Namun, dia meyakini, Surabaya akan mampu menjadi kota terdepan dalam hal pengelolaan lingkungan hidup.

“Masyarakat Surabaya tahu, Tri Rismaharini adalah ibu lingkungan hidup. 

Dan Kami percaya Surabaya dengan inovasi dari Walikota yang baru dilantik ini dan kerja keras warga surabaya serta kreativitas anak-anak, dan dibantu warga yang peduli, akan bisa lebih menjaga bersih dari sampah,” ungkap Menteri Lingkungan Hidup.  

Jika Lewat Plastik Berbayar, Belanja Bawa Tas Sendiri tidak, sebenarnya sudah mulai tahun lalu dikampanyekan oleh Pemkot Surabaya.Melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Surabaya, kampanye tersebut rutin digelar  di Car Free Day, tapi masih belum terealisasikan, baru sekarang bisa terwujud.

“Kami berharap BLH kampanye anti plastik karena kami melihat penggunaan plastik sudah luar biasa.  Kalau tidak ada gerakan yang massif, maka kami akan kesulitan mengendalikan, karena plastik terurainya 100 tahun. 

Kita semua harus melakukan tindakan nyata, agar berkurangnya bahan yang menggunakan plastik, kami sepakat mengurangi penggunaan plastik semaksimal mungkin,” jelas wali kota yang pernah menjabat kepala dinas kebersihan dan pertamanan (DKP) Surabaya ini.  

Mengingat Surabaya menjadi satu dari 22 kota di Indonesia yang akan menerapkan “plastik berbayar”. Artinya, jika kita membeli barang di supermarket atau minimarket, maka kita harus mengeluarkan uang lagi jika ingin memakai kantong plastik. 

Kami bertujuan agar memunculkan kesadaran dan tidak terus-terusan membuang “nyampah” plastik. Agar membawa kantung sendiri dari rumah saat berbelanja. Untuk di Surabaya, harga per plastik adalah Rp 200.  

Poin pentingnya sebenarnya bukan pada murah atau mahal. Tetapi untuk melatih disiplin warga agar tidak memakai kantung plastik. Risma meyakini, gerakan masif untuk mengurangi  sampah plastik itu, akan berhasil di Surabaya.

“Sebenarnya yang terpenting adalah pesannya. Bukan soal murah atau mahal. Saya yakin warga Surabaya cerdas. Kalau tidak, kotanya nggak bisa seperti ini. Saya kalau beli (belanja), nggak mau plastik. 

Saya lepas saya kasihkan lagi ke dia. Saya bawa tas sendiri. Minimal  pemakaian plastik berkurang di saya. Dan saya yakin, masyarakat Surabaya pasti bisa,” pungkas Risma.(BJ/one)

Pengunjung Hari ini

Update #Covid19

Perkembangan Virus Corona di Indonesia:

/fa-clock-o/ Tips & Trick

Nama

Advertorial,161,Destinasi-Wisata,29,EkoBis,225,Ekonomi-Bisnis,3,Galeri-foto-video,94,Gaya-Hidup,76,Hak Jawab,1,Hobby,7,HuKrim,707,Info Haji,13,Internasional,213,Internet,38,Kesehatan,201,Kuliner,11,Laporan-Masyarakat,193,Lindo-TV,57,Liputan-Investigasi,225,Liputan-Utama,399,Melek-Hukum,3,Nasional,891,Olahraga,65,Opini Rakyat,120,Otomotif,6,Pasuruan,5,Pasuruan Kota,1,Pemerintah,243,Pendidikan,61,Peristiwa,444,Politik,380,POLRI,532,Regional,1730,Religi,108,Sejarah,20,Selebritis,42,Seni-Budaya,45,ShowBiz,63,Technology,73,Tips-Trick,41,TNI,258,
ltr
item
#1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi liputan terbaru.: Langsung Kerja, Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana Canangkan, Surabaya Kurangi Bahan Plastik
Langsung Kerja, Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana Canangkan, Surabaya Kurangi Bahan Plastik
https://lh3.googleusercontent.com/-y3BsPFYI5Vg/VsmYML1_Y0I/AAAAAAAAJNk/1cXISIVN-00/s640/images%252520%2525287%252529.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-y3BsPFYI5Vg/VsmYML1_Y0I/AAAAAAAAJNk/1cXISIVN-00/s72-c/images%252520%2525287%252529.jpg
#1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi liputan terbaru.
https://www.liputanindonesia.co.id/2016/02/tri-rismaharini-dan-whisnu-sakti-buana.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2016/02/tri-rismaharini-dan-whisnu-sakti-buana.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Lihat Semua Tidak ada yang anda cari Lihat Semua Baca.. Balas Cancel reply Hapus By Home Halaman BERITA Lihat Semua Baca Berita Lainnya BACA ARCHIVE CARI Lihat Semua Tidak ada yang anda cari Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy