Program Bhakti Tni Kb-Kes Wujud Kemanunggalan Tni Kepada Masyarakat

TUBAN. Bertempat di Aula Letda Soejipto Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo 871 Tuban, Komandan Kodim 0811 Letkol Inf. Sarwo Supriyo yang diwakili Pasi Ter Kapten Kav. Suwito menghadiri Rakor Lintas Sektor Program KB/KS Persiapan Pelayanan KB MOW dan MOP Kabupaten Tuban Tahun 2017 yang dihadiri Kadinkes Kab. Tuban yang diwakili Sodikin, SKM, MM, RS. NU Mugiyanti, Amd. Keb. Kordinator Penyuluh KB Ketua PPKBD,  Danramil Jajaran dan Sub PPKBD se Kab. Tuban,  Kamis (12/10/2017).
Menurut Pasi Ter Dim 0811 Kapten Kav. Suwito,  program Bhakti TNI KB – Kesehatan Kodim ini bertujuan untuk memelihara kesinambungan kerjasama dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai basis ketahanan nasional.
mengungkapkan program Bhakti TNI Keluarga Berencana (KB)-Kesehatan Kodim merupakan suatu program dan kegiatan TNI bersama instansi pemerintah dan masyarakat.
“Terwujudnya kesehatan masyarakat yang dicapai melalui kegiatan ini sangat ditentukan oleh partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat yang bersinergi dengan TNI dan dinas kesehatan serta BKKBN sekaligus peran Pemda setempat,”  kata Pasiter.
 
Pasiter Suwito mengungkapkan, program bakti TNI KB-Kes yang dilaksanakan secara lintas sektoral ini juga merupakan wujud nyata bakti TNI kepada masyarakat dalam rangka mempererat kemanunggalan antara TNI dengan rakyat dengan cara memberikan bantuan kepada masyarakat di daerah dalam bidang kesehatan.
 
Tujuan dari KB tubektomi MOW untuk menekan angka kelahiran, menekan angka kematian ibu dan bayi dan mengendalikan jumlah penduduk serta upaya meningkatkan kualitas dan kesejahteraan keluarga.
Dr. Nur Istikawari mengatakan Disamping si isteri maupun si suami sudah tidak cocok lagi menggunakan alat-alat kontrasepsi seperti pil, IUD, Implant, Kondom, dan sebagainya, “Secara umum juga setiap calon peserta harus secara sukarela dan tanpa paksaan menerima pelayanan ini,” Katanya. Menurut dia KB tubektomi Metoda Operasi Wanita maupun Metoda Operasi Pria (MOW dan MOP) dilaksanakan jika suatu keluarga sudah tidak lagi menginginkan keturunan (anak).
 
Selain itu, selama berada dilingkungan masyarakat hendaknya selalu menjadi teladan dalam mencipktakan lingkungan sehat dan bersih sehingga dapat mencerminkan tingkat kesehatan dan kesejahteraan hidup masyarakat. Imbuhnya. “Selalu mentgadakan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan Bhakti TNI KB-Kes ini secara terus menerus guna meningkatkan kualitas program yang akan datang”, tandasnya. (Penrem 082/CPYJ )
Bagikan berita ini
Baca:  Warga Ketintang Baru Surabaya dikagetkan kehadiran TIM gangguan PLN

Baca Lainnya