Peresmian Rumah Kreatif BUMN, Dorong UMKM Berkembang

Tegal – Guna meningkatkan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), diperlukan sarana pengembangan dalam memasarkan produk secara global. Apalagi dalam era yang serba digital, pelaku usaha dituntut mampu memajukan usahanya melalui berbagai cara.

Salah satu BUMN yakni PT. Bank Negara Indonesia (BNI) cabang kota Tegal memberikan wadah untuk membentuk UMKM di kota Tegal dapat berkembang yaitu Rumah Kreatif BUMN berbasis digital. Tujuan dihadirkan sarana ini sebagai pusat edukasi dan pengembangan produk. Disamping itu, BNI juga berperan dalam menyediakan modal yaitu KUR dan kredit usaha lain. Ini merupakan RKB yang didirikan oleh BNI di berbagai lokasi di Indonesia.

Pameran produk UMKM tersedia dalam peresmian RKB seperti produk lokal telor asin, makanan ringan, kerajinan tangan, kerajinan sepatu dari kulit ikan dan beragam souvenir menarik.

“RKB hadir di kota Tegal untuk mendorong pemerintah kota dalam meningkatkan UMKM, kami akomodir semua mulai dari pendaftaran produk pemasaran produk melalui portal sampai menjual secara online” ucap CEO BNI kantor wilayah Semarang Eben Eser Nainggolan hari Selasa (12/9/2017).

Baca:  Pakde Karwo Dukung Penuh FGD Kebangsaan Komisi A DPRD Jatim

Disampaikan Eben secara periodik, Bank Indonesia selalu mengadakan pameran serupa hingga tingkat provinsi dengan harapan meningkatkan kesehjateraan dan memberikan lapangan kerja.

“Kami berharap RKB selalu berkolaborasi dalam membentuk digital economy ecosystem melalui e-commerce, sehingga memberikan dampak positif yang sinergi pelaku usaha kreatif maupun BNI” ungkapnya.

Sementara itu Plt Walikota Tegal H.M Nursholeh dalam sambutan mengatakan kehadiran Rumah Kreatif BUMN berperan penting sebagai pusat informasi dan mampu memberikan solusi yang dihadapi pelaku UMKM.

“Di era perkembangan zaman yang serba digital, RKB dapat menjadi ruang untuk memberikan solusi dan mewujudkan peningkatan usaha pemasaran secara pesat. Kegiatan ini tidak terlepas dari seluruh komponen masyarakat” imbuhnya.

Nursholeh berharap BI selalu memberikan pelatihan UMKM secara rutin dan kegiatan promosi secara online yakni RKB bisa meenjadi daya tarik orang lain berkunjung ke Tegal.

Setelah diresmikan, rombongan bersama Plt Walikota Tegal memotong pita tanda dibukanya Rumah Kreatif BUMN di dalam kantor BNI cabang Tegal. Di tempat ini, pelaku UMKM bisa mendaftar dan merasakan fasilitas seperti ruang analisis data, ruang digitalisasi, ruang belajar, ruang konsultasi dan mendapatkan keuntungan memasarkan produk di situs blanja.com

Baca:  Eko DJ, Anggota Srimulat Meninggal Dunia

Hadir dalam peresmian ini adalah CEO BNI Kanwil Semarang, Ketua tim penggerak PKK Kota Tegal Endang Nursholah, Pimpinan Bank Indonesia cabang Tegal Joni Marsius, forkompida, Dandim 0712 Tegal Letkol Inf.Kristiyanto, Wakapolres Tegal Kota dan tamu undangan. (Yudit)

Bagikan berita ini

Baca Lainnya