Dispendik Sidoarjo diduga tidak tegas, bakal didemo wartawan

Sidoarjo – Sejumlah wartawan yang mengatas namakan solidaritas jurnalis akan menggelar aksi demo secara damai di Sidoarjo. Aksi tersebut merupakan solidaritas sesama rekan seprofesi sebagai jurnalis yang mendapat perlakuan dan di anggap melecehkan tugas jurnalis dan UU Pers yang di sahkan oleh Dewan Pers dan Presiden.

Unjuk ini akan dilaksanakan Rabu, (20/09) pagi. Sejumlah insan pers dari berbagai media online maupun cetak akan demo di lapangan Gor Sidoarjo untuk melakukan aksi damainya di depan kantor Dinas Pendidikan Sidoarjo. Dari data yang di himpun Liputan Indonesia surat pemberitahuan Aksi Demo Damai kepada Polresta Sidoarjo yang mengatasnamankan Solidaritas Jurnalis. Jumat, (15/09).

Koorlap Pers Surabaya Uzair Zam Zami sekaligus wartawan senior  Surabaya mengatakan ” Sebagai solidaritas sesama jurnalis apabila ada rekan seprofesi yang menjadi korban pelecehan wartawan dan penghinaan UU Pers, saya tidak menerimakan hal itu terjadi dengan rekan kita,” ujarnya Minggu (17/09).

Lanjutnya, dalam aksi ini merupakan aksi damai, agar tidak terulang kembali kepada rekan jurnalis yang sedang mengemban UU Pers dalam melakukan peliputan dan pencari berita untuk kepentingan publik dihina atau di diskriminasi oleh instansi dan aparatur hukum.

Baca:  Polres Bangkalan : Oknum PNS Dinas Perijinan Pemkab Pungli Terjaring OTT

” Pers hanya kontrol sosial dan mencari berita. Untuk disuguhkan ke publik dan juga berhak tahu bagaimana kinerja pelayan masyarakat selama ini. Akan kita tunjukan kekompakkan jurnalis pada Rabu depan aspirasi dan suara kami dalam aksi demo damai di Sidoarjo,” tegasnya.

Waktu terpisah, koordinator aksi demo damai, Prapto menyampaikan beberapa agenda dalam aksi demo nanti nya di Sidoarjo. “Sebagai solidaritas Jurnalis, kami akan melakukan aksi demo damai di Sidoarjo. Karena telah terjadi pelecehan terhadap dua rekan kita seprofesi yang saat itu sedang menjalani tugas sebagai jurnalis oleh oknum pegawai TU SMPN 1 Candi Sidoarjo,” Ucap Prapto, (17/09).

Dalam unjuk rasa wartawan ini, akan hadir 200 wartawan untuk melakukan demo damai sebagai solidaritas jurnalis. Titik kumpul nantinya di lapangan Gor Sidoarjo dan menuju ke kantor Dinas Pendidikan Sidorajo, Jl. Pahlawan No.4, Jati, Kecamatan. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Aksi ini diharapkan terlaksana dengan damai dan kondusif tanpa anarkis” Tutupnya. (slm/mnr).

Bagikan berita ini

Baca Lainnya